19 September 2024
Daerah

KIP Pidie Jaya Uji Mampu Baca Al Quran Paslon Bupati dan Wakil Bupati

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDKomisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya gelar uji kemampuan kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam membaca ayat-ayat Al-Quran di Mesjid Agung Tgk Chiek Pante Geulima.

Kegiatan ini melibatkan tim penilai atau penguji dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Kantor Kementerian Agama dan MPU Pidie Jaya.

Ketua Komisioner Komisi Independen Pemilihan Pidie Jaya melalui Ketua Divisi Teknis, Darkasyi Abdul Hamid mengatakan uji baca Al-Quran dipusatkan di Masjid Raya Agung Tgk Chiek Pante Geulima, dimulai dari pukul 09.00 sampai selesai.

"Penilaian akan meliputi adab, kelancaran bacaan, dan tajwid. Tes berlangsung hanya satu hari dan wajib diikuti semua pasangan calon," ujar Darkasyi kepada awak media, Rabu 4 September 2024.

Kemampuan uji baca Al-Quran di Aceh adalah kekhususan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan qanun tentang pilkada.

"Rekomendasi yang diberikan tim, merupakan salah satu syarat atau kelengkapan dokumen bagi pasangan calon. Rekomendasi tersebut akan diserahkan kepada masing-masing kandidat sekaligus dengan hasil tes kesehatan," jelasnya.

Pantauan, uji mampu baca Alquran bagi dua pasangan calon tersebut berjalan lancar. Turut hadir pada acara tersebut, Komisioner KIP dan Komisioner  Panwaslih Pidie Jaya serta Penjabat Bupati setempat.

Kegiatan ini juga diramaikan puluhan pendukung dan simpatisan masing - masing bakal pasangan calon.

Sebagaimana diketahui bakal calon bupati dan wakil bupati di Pidie Jaya hanya Dua pasangan calon dalam pilkada Pidie Jaya telah mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan. Mereka adalah Said Mulyadi - Saiful Anwar dan Sibral Malasyi - Hasan Basri. (**)