17 September 2024
Pemilu 2024
Pilkada Pidie Jaya 2024

KIP Pidie Jaya Gelar Tes Wawancara 1.882 Calon PPS

Foto : Ketua KIP Pidie Jaya Iskandar sedang melakukan wawancara terhadap calon PPS yang diawasi langsung oleh para Komisioner Panwaslih Pidie Jaya Pilkada.2024 di Kantor KIP setempat. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Panwaslih Lakukan Waskat

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara bertahap mengikuti proses seleksi panitia ad hoc pelaksana Pilkada 2024 tingkat Desa/Gampong.

Usai mengikuti tahapan tes tertulis, KIP Pidie Jaya telah mengumumkan nama-nama calon anggota PPS Pilkada Pidie Jaya  2024 yang akan mengikuti tahapan tes wawancara. 

Adapun dari semua peserta yang mengikuti tes tulis, sejumlah 1.882 orang yang dinyatakan LULUS dan 500 orang yang dinyatakan TIDAK LULUS. Bagi yang lulus berhak melanjutkan ke tes wawancara.

Ketua KIP Kabupaten Pidie Jaya, Iskandar, menyampaikan, pelaksanaan tes wawancara dilaksanakan dalam waktu 3 hari secara beriringan. Dalam satu hari dijadwalkan dalam 3 sesi waktu yang diikuti oleh ratusan calon PPS dari puluhan desa/gampong.

"Calon anggota PPS akan mengikuti tahapan seleksi terakhir, yaitu tes wawancara pada 21-23 Mei yang dipusatkan di Kantor KIP Pidie Jaya.

Ada tiga sesi waktu (pagi, siang dan malam), setiap sesi diikuti oleh rata-rata 200-an peserta dari 25 dan/atau 24 gampong," tuturnya disela wawancara.

Abdullah akrab disapa Cek Lah, Ketua Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas mengatakan, jumlah calon anggota PPS yang akan mengikuti tahap seleksi wawancara ini sebanyak 1.882 peserta.

Sesuai rencana KIP Pidie Jaya, karena jumlah calon anggota PPS yang begitu banyak, maka wawancara dilakukan dengan 5 meja pe-wawancara yang dimulai pukul 08.30-12.00, 14.00-18.00 dan pukul 19.30 hingga 23.00 WIB. "Jadi, yang melakukan tes wawancara langsung komisioner KIP Pidie Jaya," tegas Cek Lah.

Adapun kebutuhan anggota PPS se Pidie Jaya di 222 gampong tersebar dalam 8 kecamatan yaitu sebanyak 666 PPS. Dari hasil wawancara akan dipilih 3 orang terbaik setiap gampong menjadi PPS yang akan ditetapkan dalam rapat pleno komisioner KIP Pidie Jaya." Pungkasnya.

Panwaslih Pidie Jaya Lakukan Waskat

Komisioner Panitia Pengawas Pamilihan (Panwaslih) Pilkada 2024 Kabupaten Pidie Jaya juga melakukan pengawasan melekat (Waskat) terhadap pelaksanaan kegiatan tes wawancara PPS tersebut.

Ketua Panwaslih Pidie Jaya, Darwis menaruh harapan besar kepada KIP Pidie Jaya untuk benar-benar memilih anggota PPS yang memahami tugas dan kewajiban seorang penyelenggara pemilihan di tingkat gampong serta punya Integritas yang tinggi.

"Anggota PPS nanti yang terpilih mampu menjaga integritas dan loyalitas dalam menjalankan tugas. Karena mereka mempunyai peran dan tanggung jawab untuk suksesnya Pilkada serta terhindar dari pelanggaran demi mewujudkan Pilkada Pidie Jaya yang Demokratis, Aman dan Damai." Timpal Khairuddin, Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Panwaslih Pidie Jaya. (*)