17 September 2024
Daerah

Ketua Kadin Pidie Berharap PT SIA Segera Lanjutkan Pabrik Semen Laweung

LIPUTANGAMPONGNEWS.IDKadin Pidie mendukung penuh upaya Pj Bupati Pidie dalam pertemuan dengan Direktur PT SIA untuk segera dilanjutkannya pembangunan Pabrik Semen di Laweung. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Kadin Pidie, Muhammad junaidi, S.P., setelah meninjau langsung ke lokasi, potensi semen dan potensi ekonomi di daerah Laweung dan Batee, Senin (05/08/2024).

PT Semen Indonesia Aceh (SIA) harus segera melanjutkan pembangunan pabrik semen Laweung, apabila seluruh  perizinan dan kelayakan kawasan industri sesuai ketentuan perundangan telah dipenuhi, termasuk Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), ujar Muhammad Junaidi.

Pembangunan pabrik semen tersebut diharapkan akan menjawab dan  mempercepat pembangunan insfratruktur di daerah  maupun secara nasional, yang nantinya akan memantik terjadinya pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dan Pidie khususnya.

"Sepengetahuan saya nilai investasi yg sudah di lakukan oleh PT SIA sudah cukup besar, terlihat seperti pembangunan dermaga, dan berbagai fasilitas dasar pabrik semen telah dibangun disana", ungkap Ketua Kadin Pidie. 

Investasi yang telah dilakukan sudah cukup besar, perizinan dan kelayakan industri harus terpenuhi sehingga tidak ada alasan lagi tidak dilanjutkan, kata Muhammad Junaidi.

Muhammad Junaidi juga menuturkan, apabila ada dinamika dalam pembangunan semestinya dicari solusi yang tepat, sehingga pembangunan kawasan pabrik semen tersebut akan terasa baik untuk kesejahteraan masyarakat dan terwujudnya kemakmuran bagi masyarakat Pidie khususnya, dan Aceh pada Umumnya.

"Kadin Pidie sangat mengapreasi pemerintah daerah, masyarakat Batee dan Laweung yang mengharapkan kelanjutan pabrik semen bisa terealisasi dan dapat berproduksi sesegera mungkin, sehingga menjadi harapan kita bersama melihat pembangunan dan kemakmuran Kabupaten Pidie ini segera terwujud", pungkasnya.(As)