19 September 2024
Daerah

Kendalikan Inflasi Daerah, Pj Bupati Pidie Bersama TPID Sidak Pasar

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID Penjabat Bupati, Drs. Samsul Azhar bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pidie turun langsung melakukan (Inspeksi Mendadak/Sidak) di Pasar Pante Teungoh Sigli, Sabtu (03/08/2024) pagi.

Sidak yang dilakukan hari ini untuk menjaga pasokan kebutuhan pokok dan kestabilan harga di Pasar-pasar dalam Kabupaten Pidie, antara lain di Pasar Pante Teungoh Sigli. 

Sidak Pasar juga merupakan salah satu dari enam upaya Konkrit dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah, khususnya di Kabupaten Pidie, kata Kabag Perekonomian & SDA Setdakab Pidie, Teuku Khamaruzzaman, S.H., M.Si., yang juga Sekretaris TPID Pidie. 

Sidak yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Pidie, Drs. Samsul Azhar, juga didampingi oleh ND. Sekda, Ir. H. Tarmizi, Plt. Asisten I, Jufrizal, S.Sos., M.Si, Inspektur Kabupaten Pidie, Mukhlis, S.Sos. M.Si, Sekretaris Disperdagkop UKM, yang mewakili Kadis Perdagkop UKM Pidie, Fauzan Fahmi, S.T,. Kabid Pengelolaan Pasar Disperdagkop UKM, Usman, S.E.

Kemudian, Kabid Perdagangan Disperdagkop UKM, Herizal, S.E., Pengawas Perdagangan Disperdagkop UKM, Debby Kumalasari, Kabag Prokopim, Muhammad Ady Rizka, S.STP., M.Si.,  Ketua Kadin Pidie, Muhammad Junaidi,  S.P., M.Si., serta anggota TPID Pidie lainnya, sebut Teuku Khamaruzzaman.

"Dari hasil sidak itu diketahui bahwa harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pidie masih dalam kondisi stabil dan terdapat beberapa harga komoditas yang turun seperti Bawang Merah, Cabai Merah dan Tomat. Hal ini karena sudah masuk masa panen tanaman holtikultura di Pidie", jelas Sekretaris TPID Pidie.

Sementara itu dalam penjelasannya, Pj Bupati mengatakan, bahwa tugas TPID adalah memantau harga bahan pokok yang ada, agar terjangkau oleh masyarakat. 

"Kita bersama Tim juga melakukan dialog langsung dengan Distributor dan Pedagang Bahan Pokok (Bapok) yang ada di Pasar, sekaligus mendengarkan aspirasi dari para pedagang", kata Pj Bupati.

Sidak ini juga dilakukan untuk mengawasi para distributor serta para pedagang, agar tidak ada yang menimbun barang dan menjual diatas harga pasar, ujarnya.

"Alhamdulillah, sejauh ini masih relatif stabil, malah ada ada beberapa komoditas yang harganya turun. Kegiatan ini akan rutin kita laksanakan untuk menjaga ketersediaan barang dan kestabilan harga di wilayah kabupaten Pidie”, demikian Pj Bupati Pidie, Drs. Samsul Azhar, dalam keterangannya kepada sejumlah awak media.(As)