19 September 2024
News

Jembatan Gantung di Awee Geutah Bireuen Ambruk, 10 Orang Jatuh ke Sungai

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID | Sebuah Jembatan Gantung di Gampong Awe Geutah, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen, Aceh dikabarkan ambruk pada Senin siang (14/3).

Ambruknya jembatan gantung yang menghubungkan Kecamatan Peusangan Selatan dan Kecamatan Peusangan Siblah Krueng menghebohkan warga Kabupaten Bireuen.

"Kondisi jembatan gantung itu berlantai kayu sudah lapuk dan tak sanggup menahan beban hingga ambruk."

Ambruknya jembatan gantung itu berawal ketika warga Peusangan mencari orang hilang, karena banyaknya orang yang melewati dan terkonsentrasi diatas jembatan itu, sehingga over kapasitas, tali jembatan putus tidak sanggup menahan beban semjumlah orang yang sedang mencari orang hilang satu persatu berjatuhan ke sungai.

Diketahui, sejumlah enam (10) orang korban yang terjatuh ke sungai, sudah dilarikan ke Puskesmas Peusangan Siblah Krueng guna menjalani perawatan.

Zulfikar GA pengendali Posko Tagana Dinsos Kabupaten Bireuen "
Bencana non alam ( Human Error ) Jembatan gantung penghubung Desa Awe Guetah Kecamatan Siblah Krueng Dengan Desa Teupin Reudeup Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen Putus .

Kejadian nya pukul 12.00 Wib , Senin 14 Maret 2022, banyak masyarakat berada diatas jembatan gantung tersebut di duga jatuh ke sungai , karena beban terlalu berat , mengakibatkan tali penghubung jembatan gantung putus.

Akibat peristiwa tersebut 10 orang korban terjatuh ke sungai dan tidak ada korban jiwa diantaranya
Lukman Bachtiar Teupin Reudeup Peusangan Selatan (dirujuk ke RSU Fauziah) Irfan Maulana (15) warga Teupin Reudeup Peusangan Selatan, Riskiansyah (10) Warga Awe Geutah, Herman (45) warga Awe Guetah Paya, Iswadi (36) warga Teupin Reudeup Peusangan Selatan (Rujuk Ke RSU Fauziah), Arman Maulana (13) warga Awe Geutah Paya , Kecamatan Siblah Krueng, Muklis (32) warga Uteun Gathom Peusangan Selatan, Ataruddin (32) Uteun Gathom Peusangan Selatan, Syamaun (15) Awe Geutah Paya Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Mursal (33) warga Teupin Reudeup Peusangan Selatan.

Untuk sementara korban luka luka sudah di Evakuasi ke puskesmas Leung Daneun Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, dan korban yang luka berat di rujuk ke RS Umum Fauziah Bireuen .

Diharapkan Pemkab Bireuen dan Dinas terkait untuk serius memperhatikan para korban atas peristiwa jembatan gantung yang putus. (ADI SALEUM)