18 Oktober 2024
UMKM & Kuliner

Jalan-Jalan ke Pidie Jaya Belum Lengkap Tanpa Menikmati Aneka Kuliner dan Membawa Cemilan Khasnya.

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pidie Jaya adalah kabupaten yang berada di Jalan Nasional lintas timur Aceh. Dengan ikon memiliki jalan layang dari jalan lintas menuju komplek perkantoran pemerintahan di Cot Trieng, Meureudu, tepatnya KM 155,5 dari Kota Banda Aceh.

Berkunjung ke Pidie Jaya tentu tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya dan juga membawa oleh-oleh. Ada banyak pilihan kuliner, cemilan, kue dan homade yang bisa jadi pilihan buah tangan lho! Mau tahu bisa didapat dimana? ini lokasinya!

Alangkah sayangnya jika datang atau melewati kabupaten tersebut tidak mencicipi ragam kulinernya. Selain makanan berat seperti Nasi Biryani, Martabak Kepiting, Mie caluek lapangan dan lainnya, tentu kamu harus tahu juga aneka cemilan khas lainnya.

Untuk itu, kini telah hadir Pojok Kuliner dan Pusat Oleh-Oleh Pidie Jaya ala Umi dan Bunda Pidie Jaya, Jangan Lupa Beli Sebelum Pulang Ya!. Berlokasi di Jalan lintas Banda Aceh-Medan, simpang empat Jalan Layang Meureudu, tempat ini juga bisa dijadikan Rest Area setelah menempuh perjalanan jauh.

Adapun oleh-oleh atau kuliner khas Kabupaten Pidie Jaya yang bisa dijadikan oleh-oleh, diantaranya Kue Arafik Trienggadeng, Dodol Ulee Gle, Teri Panteraja, Kue Ade Meureudu dan Salak Pliek U Ulim. Selain itu juga tersedia Homade buatan masyarakat Pidie Jaya.Dikonfirmasi awak media ini, Kepala Disperindagkop Pidie Jaya melalui Kabid Industri, Said Syarief didampingi Kabid Perdagangan, Azhariadi, Rabu (16/11/2022) mangatakan dengan adanya fasilitas yang disediakan oleh Pemkab Pidie Jaya melalui  Dinas ini membuat sahabat-sahabat UMKM kembali bersemangat.

"Lebih dua tahun kehidupan kita dilanda pandemi covid-19 yang menyebabkan pendapatan UMKM menurun serta ada beberapa UMKM terpaksa gulung tikar", ketus Said Syarief

Katanya lagi, atas dasar itu Kepala Dinas Perindagkop mengarahkan para Kabid Perindustrian, Perdagangan serta Koperasi untuk berkolaborasi serta membentuk  satu kegiatan bersama dengan tujuan membantu dan turut serta dalam mempromosikan produk-produk UMKM di Pidie Jaya.

"Dalam naungan yang bernama pojok kuliner dan pusat oleh-oleh ala umi dan bunda Pidie Jaya inilah, semoga inisiatif gerakan tersebut bisa menjadi pendongkrak   buat UMKM PidieJaya agar bisa bangkit kembali." pungkas Arikhan ikut memberi keterangan.

Sejumlah pembeli yang berasal dari luar Pidie Jaya mulai memadati pojok kuliner dan pusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Pidie Jaya. Pembeli ini mayoritas berasal dari luar daerah yang singgah di Kabupaten Pidie Jaya setelah menempuh perjalanan jauh.

Salah satu pengunjung, Apa Din, warga Lhoksukon pulang dari Banda Aceh, Rabu (16/11) sore dikonfirmasi awak media ini mengaku senang berbelanja oleh-oleh khas Pidie Jaya sebagai buah tangan untuk sanak saudara yang ada di kampung halaman di Aceh Utara.“Ini untuk sanak saudara di kampung. Saya beli Dodol Ulee Gle dan Ade Meureudu karena ada keluarga yang pesan. Jadi sesampainya di Pidie Jaya sekalian singgah di sini,” ujar Apa Din.

Pada kesempatan yang sama, Putri pramusaji Salak Pliek di Pojok Kuliner juga menyampaikan, Salak Pliek olahannya juga menerima pesanan untuk acara Kantoran, Wedding, Arisan, Ulang Tahun dll.

Selain itu juga melayani pesan antar dalam area terdekat dan bisa menghubungi nomor kontak 0823-6251-1089. (**)

-->