19 September 2024
Daerah

Iswardi Bikin Bangga Pidie Jaya, Raih Prestasi Berkat Inovasinya

Foto : Iswardi menerima penghargaan di malam Apresiasi Insan Pertanian 2022, Rabu (28/12/2022). | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Satu lagi salah seorang penyuluh pertanian dari Kabupaten Pidie Jaya, membuat bangga "Tanah Japakeh" sebutan Pidie Jaya. Namanya Iswardi, A.Md, meraih prestasi di tingkat Provinsi Aceh. 

Dirinya meraih penghargaan sebagai Penyuluh Pertanian PNS Teladan, berkat inovasinya "Budidaya Semangka Menggunakan Jerami". Penghargaan tersebut diberikan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh di malam Apresiasi Insan Pertanian 2022, Rabu (28/12/2022).Iswardi, pria lulusan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) ini meraih perhargaan dengan mengumpulkan skore 870 setelah diseleksi secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga bersaing ditingkat Provinsi yang diikuti oleh 23 kabupaten/kota se Aceh.

Sekarang menjabat Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Ulim, Iswardi sudah mulai berkecimpung menjadi penyuluh pertanian swadaya sejak tahun 2009 lalu. Secara bertahap dan penuh keuletannya menjadi penyuluh sehingga pada tahun 2017 baru menjadi PNS.

Namun, kiprahnya sebagai penyuluh pertanian terus berinovasi demi kemajuan petani di wilayah kerjanya. Seperti kata pepatah, "Kamu menuai apa yang kamu tabur". Jika kamu melakukan hal-hal yang baik dan positif, hasilnya akan menguntungkanmu.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanpang) Kabupaten Pidie Jaya, Drh Muzakkir MM bersyukur atas penghargaan yang diterima oleh salah satu penyuluh PNS yang juga Kepala BPP Kecamatan Ulim.

Muzakir berharap prestasi yang diraih Iswardi agar menjadi motivasi untuk penyuluh lainnya. "Terus dampingi petani dengan berinovasi, agar mampu mempertahankan dan bahkan meningkat prestasi lainnya mendatang. Baik ditingkat provinsi Aceh dan nasional." pungkasnya

Untuk diketahui bersama, di malam Apresiasi Insan Pertanian 2022 yang dilaksanakan oleh Distanbun Aceh memberikan penghargaan untuk enam katagori. Selain Katagori Penyuluh Pertanian PNS Teladan, juga diberikan perhargaan untuk lima katagori lainnya.​​​​​​Yaitu, Katagori Penyuluh Pertanian THL-TB PP Teladan, Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan, Petani Berprestasi, Gapoktan Berprestasi, dan BPP Berprestasi. (*)