08 September 2024
Pendidikan

Inspiratif...! Saat Pembagian Rapor SMPN 1 Trienggadeng Bagi-bagi Hadiah Untuk Siswa Prestasi

Foto : Siswa-siswi mendengar arahan Kepala Sekolah | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya melaksanakan pembagian laporan hasil belajar atau raport bagi siswa di hari terakhir semester genap Tahun Ajaran 2023/2024, Sabtu (22/06/2024).

Sungguh Inspiratif...! para siswa berprestasi mendapatkan hadiah dari sekolah. Seperti biasanya, kegiatan berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Hasil evaluasi peserta didik yang tertuang dalam rapor, menjadi hal yang dinantikan para siswa menjelang kenaikan kelas.

Pembagian raport disambut antusias oleh siswa siswi dengan semarak pembagian hadiah kepada siswa siswi berprestasi baik dibidang akademik, maupun kegiatan ekstrakurikuler kulikuler.

Meskipun sistem perangkingan sudah tidak diterapkan belakangan ini, namun pemberian hadiah kepada siswa yang dinilai berprestasi, tentu sangat membanggakan bagi siswa tersebut. Hal ini juga sebagai pemicu bagi peserta didik lainnya untuk meraih prestasi.

Selain itu, para juara dalam kegiatan ekstrakurikuler kulikuler yang dilaksakan menjelang pelaksanaan ujian akhir semester genap itu, juga mendapatkan hadiah dan trophy dari sekolah.

Nurhayati, S.Pd.I, seorang tenaga pendidik dan walikelas di Kelas VIII.A, mengatakan, sesungguhnya hadiah ingin diberikan kepada seluruh siswanya. Karena menurutnya, seluruh siswa memiliki kelebihan masing-masing yang layak diapresiasi. Tapi keterbatasan sekolah hanya bisa diberikan kepada yang berprestasi saja.

"Setiap anak adalah cerdas, setiap anak dilahirkan dengan pintar. Tidak ada anak yang bodoh. Hanya saja mereka punya kecerdasannya di bidang masing-masing sesuai dengan bakatnya," ujar Bu Nur seraya mengingatkan

Peran kitalah, guru (pendidik) dan orangtua tentang bagaimana caranya membantu membuka dengan kunci yang tepat tentang kecerdasan yang ada pada diri mereka," demikian lanjut guru bidang studi Pendidikan Agama Islam ini.

Drs. Fadhlullah kepala sekolah SMP Negeri 1 Trienggadeng dalam sambutannya menyampaikan, pertama-tama kami mengucapkan terimakasih kepada anak-anak yang telah giat belajar selama ini di sekolah dan aktif dalam segala kegiatan yang ada.

Penilaian untuk prestasi dari semua bidang meliputi akademik, kedisiplinan, kerapian, kerajinan dan budi pekerti. Bagi siswa-siswi yang belum mendapatkan prestasi agar tidak berkecil diri, teruslah untuk mengejar prestasi karena peluang masih terbuka.

"Bagi siswa yang telah meraih prestasi jangan berlebihan membesar-besarkan diri, tetaplah rendah diri terus kejar dan tingkatkan capaian prestasinya, tidak sombong dan ajak teman-teman agar termotivasi untuk belajar dan belajar demi berlomba-lomba dalam menggejar prestasi.

"Pada dasarnya kalian (siswa) semua cerdas dan pasti mempunyai kecerdasan di bakatnya masing -masing. Tentu saja setiap anak siswa adalah juara di hati guru dan orangtuanya masing-masing, " ketus Kepsek senior ini.

Ditambahkan ia, sebagai Kepala Sekolah berharap pada kalian yang mendapat juara dapat memotivasi teman-teman yang lain, makin giat belajar. Pertahankan prestasi baik di dalam maupun di luar sekolah demi nama baik SMP Negeri 1 Trienggadeng” ajak Pak Fadh

Katanya lagi, selama libur sekolah tetaplah belajar dan mengulangi pelajaran yang sudah dipelajari. Jangan buang-buang waktu, selalu isi masa liburan dengan hal yang bermanfaat yang mencerminan anak berpendidikan.serta berakhlak." Pinta Kepsek.

Liburan panjang ini berlangsung sampai dengan tanggal 13 Juli 2024. Dan menurut kelender pendidikan, direncanakan siswa-siswi masuk kembali tanggal 15 Juli 2024 di tahun ajaran baru 2024/2025. Diharapkan kepada seluruh peserta disik agar tidak menambah lagi masa liburannya.

Adapun penghargaan tersebut berdasarkan kategori Terbaik I, Terbaik II, Terbaik III untuk siswa berprestasi setiap kelasnya. Serta Juara Umum yang berhasil diraih oleh Risna Aurel Kelas VIII.A. Serta Juara 1-3 kegiatan ekstrakurikuler dengan Katagori lomba Rangking-1, Pidato, Tahfidz dan Fashion show. (**)