29 Maret 2024
Nasional

HUT Tentara ALRI ke 72, Gubernur Safrizal Pimpin Ziarah di Makan Brigjen Hasan Basry

Liputangampongnews - Pj Gubernur Kalsel, Dr Safrizal ZA, MSi memimpin prosesi ziarah dan upacara penghormatan di makam pahlawan nasional Brigjend H Hasan Basri Senin, (17/5) kawasan Liang Anggang Kota Banjarbaru.


Prosesi ini dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-72 tahun 2021 yang jatuh pada 17 Mei.

Tampak selain Pj Gubernur, juga berhadir Ketua DPRD Kalsel H Supian HK beserta perwakilan Forkopimda Provinsi Kalimantan Selatan, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar beserta sejumlah Kepala SKPD Pemprov Kalsel. Prosesi ziarah dilakukan dengan melakukan tabur bunga ke makam pahlawan Brigjen Hassan Basry yang merupakan Putra Asli Kabupaten HSS tersebut.

Dikatakan Safrizal ZA, Peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-72 merupakan bentuk dukungan dan kekuatan dari daerah untuk proklamasi kemerdekaan RI.

Dukungan tersebut perlu untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan Republik Indonesia yang saat itu baru saja terbentuk.

“Ini merupakan bagian daripada memperkokoh proklamasi Republik Indonesia yang disampaikan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalsel,” ujarnya.

Selain ziarah dan tabur bunga, peringatan juga diisi dengan penyerahan bingkisan atau tali asih kepada veteran Kalsel dan penjaga makam pahlawan secara simbolis.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Siti Nuriyani mengatakan penerima bingkisan atau tali asih ada 12 orang veteran, 20 orang janda veteran, 1 orang janda perintis kemerdekaan dan 3 orang keluarga pahlawan nasional. (*)