27 Juni 2022
Daerah

Hasil Rapat DPRK Pidie, Ada Tiga Nama Calon Pj Bupati

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sebagai tindak lanjut dari surat Mendagri nomor :  131.11 / 3337 / SJ perihal usulan nama Calon Penjabat Bupati (Pj) Pidie yang di tujukan kepada Ketua DPRK Pidie, tertanggal 13 Juni 2022, yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemendagri, H. Suhajar Diantoro atas nama Mendagri. 

Maka DPRK Pidie telah melakukan rapat pimpinan dengan para ketua fraksi-fraksi DPRK Pidie. Hasil kesepakatan dalam rapat, bahwa masing -masing fraksi mengusulkan tiga nama calon Pj, yang menurut fraksi punya kapasitas dan kapabilitas, jelas Ketua DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail, S.Pd.I., M.A.P., Selasa (21/06/2022).

"Nama-nama calon dari fraksi masing masing, kemudian kami godok nama -nama tersebut, setelah itu dipilih tiga orang yang terbaik dari usulan paling tinggi. Tentu semua yang kita usulkan sudah memenuhi persyaratan administratif sebagai mana maksud surat Mendagri", ungkap Ketua DPRK.

Kita hanya di berikan ruang untuk mengusul calon, sebut Mahfuddin, tidak lebih dari itu. Terkait penentuan calon yang nantinya menjadi Pj Bupati Pidie adalah menjadi hak preogratif Mendagri dan Presiden. 

"Tugas kami sebagai ketua Dewan sudah menyampaikan usulan sebagaimana harapan Menteri Dalam Negeri. Terkait siapa nama-nama yang sudah diusulkan, pasti masyarakat pidie mengenalnya, karena tiga calon ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Pidie dan sekitarnya", ujar Mahfuddin. 

Sambungnya, mereka adalah orang-orang terbaik saat ini dalam struktur pemerintah, baik di Aceh maupun di  Pidie, dan INSYAALLAH kami yakin yang di usulkan ini bisa bekerja dengan baik untuk masyarakat Pidie ke depan. 

"Kenapa kami tidak mempublikasi dulu nama-nama calon Pj tersebut, kami pikir ini sebagai bentuk menghormati sesama. Apalagi yang kita usulkan ini tidak menjamin nantinya akan di pilih oleh Presiden maupun Mendagri", terangnya. 

Walaupun kita berharap untuk sinkronisasi dan harmonisasi kerja, kiranya Mendagri dan Presiden memberikan atensi dan prioritas terhadap usulan DPRK ini, karena nantinya Mitra kerja Pj Bupati adalah juga Legislatif. Sekali lagi kita berharap dapat di pilih dari tiga nama yang kita usulkan tersebut. 

"Namun demikian, karena ini domainnya Mendagri, Biarlah nanti di umumkan langsung oleh bapak Mendagri sewaktu penetapan calon tersebut", pungkas Ketua DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail.

Informasi beredar dalam masyarakat, beberapa nama disebut-sebut sebagai calon Pj Bupati Pidie, yaitu H. Idhami (Sekda Pidie), Jamaluddin (Inspektur Aceh), M. Adam (Kadis Perkim Aceh), M. Diwarsyah (Kepala BPKK Pijay), Fajriman (Dir RSUD Pijay) dan Marwan Nusuf (Kadis Kominsa Aceh). (AS)