26 April 2024
Daerah

Dua Persyaratan CPNS di Pidie Jaya Membebani Peserta, Masyarakat Minta Pemerintah Menganulir

Foto : Liputan6.com | LIPUTAN GAMPONG NEWS

Liputangampongnews.id - Persyaratan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Pidie Jaya sangat memberatkan peserta, pasalnya, peserta dipersyaratkan dengan dua persyaratan adminstrasi diawal, yakni surat kesehatan jasmani dan rohani serta surat bebas narkoba.

Kedua surat ini peserta tes CPNS di Kabupaten Pidie Jaya harus merogoh kocek sebesar 500 ribu rupiah untuk pengurusannya.

Sayang calon pelamar untuk mendaftar CPNS di Pidie Jaya harus merogoh kantong ureung chiek yang hanya tersisa uang recehan karena krisis ekonomi akibat pandemi covid-19 yang tak berujung, kata salah seorang warga Pijay di warkop Mawar yang sedang berdiskusi terkait persyaratan CPNS di Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (09/7/2021)

Rata-rata peserta mengeluh, umumnya mereka tenaga kerja sukarela yang di gaji orang tuanya untuk meringankan beban pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan dan di berbagai instansi lainnya di lingkungan Pemkab Pidie Jaya, sebut Bang Kamal.

Ketika ada peluang untuk masuk CPNS seperti ini, mereka dibebani dengan biaya yang tidak sedikit, itupun belum tentu lulus, timpalnya.

Belum lagi ditambah biaya transportasi untuk pengurusan surat kesehatan rohani ke sigli, karena di Pidie Jaya katanya belum bisa mengeluarkan surat itu.

Lebih lanjut, kata dia, seharusnya Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam hal ini BPKSDM menganulir dua syarat yang sangat membebani aneuk droe teuh di Pidie Jaya, sebutnya.

Sementara itu, Mirza Firdaus di akun facebook miliknya menulis status "Surat bebas narkoba 290 ribu, Surat kejiwaan 185 ribu, Surat kesehatan 15 ribu" nyan salah saboh syarat ikot PNS kalinyoe di Pidie Jaya, kop brat bereh di Pijay kalinyoe, tulis Mirza Firdaus. (**)