19 April 2024
Peristiwa

Dari Malam Takbiran Hingga Sore Idul Adha Pertama, Terjadi Sejumlah Kebakaran di Pidie

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Sejumlah kebakaran terjadi di Pidie, mulai Ruko, tumpukan kayu di panglong, lahan kosong hingga rumpun bambu, seperti disampaikan oleh Plt Kalak BPBD Pidie, Romi Satria, S.T., M.Eng., PhD., melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Damkar, Ns. Syahrial., S.Kep., M.K.M., Minggu (10/07/2022).

Kebakaran tumpukan kayu di panglong terjadi pada Sabtu (09/07/2022) malam sekira pukul 22.30 wib, di Gampong Lada, Mutiara Timut. Pemiliknya adalah Zulpan (40), butuh wakti 15 menit untuk memadamkan api,  dengan mengerahkan 1 (satu) unit armada damkar.

"Api berasal dari pembakaran sampah jadi penyebab, merembes ke tumpukan kayu. Tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian material mencapai 50 persen", jelas Kabid.

Selain lahan kosong, rumpun bambu juga terbakar di sejumlah tempat, pembakaran sampah tanpa pengawasan sebagai penyebab. Semua sudah ditangani Damkar, sebut Ns. Syahrial.

"Sedangkan yang sangat berdampak, yaitu kebakaran satu unit Kedai milik Agusami (38) di Gampong Sukon, Kecamatan Simpang Tiga. Dalam peristiwa yang terjadi pada pagi, sekira pukul 08.30 wib, mau selesai Shalat Id, Kedai serta semua barang-barang dagangan Agusami ludes.

Sempat kita kerahkan 3 (tiga) unit armada damkar, dan baru pada pukul 09.20 wib api bisa dipadamkan.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam beberapa kejadian ini, namun begitu menimbulkan kerugian material. Kita tidak bosan mengingatkan warga untuk selalu berhati-hati, dengan cuaca panas disertai angin kencang, sangat rentan kebakaran. Awasi pembakaran sampah dan teliti terhadap peralatan ataupun bahan yang mudah terbakar", Ns. Syahrial mengingatkan. (AS)