18 April 2024
Daerah

Cegah Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, BNNK Pidie Jaya Gelar Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pidie Jaya, pada Selasa, 27 Februari 2024 melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat di Aula Emirat Coffe & Resto Pidie Jaya.

Rapat Kerja tersebut dihadiri oleh 20 Orang peserta yang terdiri dari Keuchik, Imuem Gampong,Tuha Peut, Ketua Pemuda, Tim Penggerak PKK, dan Tokoh Masyarakat Gampong Mesjid Tuha dan Gampong Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BNN Kabupaten Pidie Jaya AKBP. Fakrorrozi, SH dan menghadirkan narasumber dari Polres Pidie Jaya, IPDA Rizky Jafrisman, selaku KBO Sat Res Narkoba Polres Pidie Jaya; Kepala DPMG Pidie Jaya Hasbi, S.E.; dan dari unsur Akademisi Mulyadi Zakariya, S.Fil.I., M.A.

Dalam sambutannya Kepala BNNK Pidie Jaya menyampaikan bahwa Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat ini nantinya akan membahas tentang pelaksanaan program Gampong Bersih Narkoba (BERSINAR) yaitu di Gampong Mesjid Tuha dan Gampong Meunasah Lhok Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.

“sebagaimana diatur dalam Pasal 104 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 yang berbunyi Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, dan juga Pasal 105 yang berbunyi Masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika” ungkap AKBP Fakrorrozi.

“Hak dan tanggung jawab tidak terlepas dari masalah kewajiban, berbicara masalah kewajiban kita sebagai umat muslim adalah mau tidak mau hal itu harus dilakukan agar kita terlepas dari tuntutan kelak diakhirat nanti.” Tuturnya. 

“Bagaimana supaya kita bisa terlepas tanggungjawab diakhirat nanti? Maka minimal harus kita jaga diri kita untuk tidak menggunakan narkoba, kemudian jaga keluarga kita, lingkungan tempat tinggal kita, dan lingkungan tempat kerja kita. Kalau masing-masing individu mengambil peran dan tanggungjawab itu, saya yakin dan percaya masalah narkoba ini akan selesai” tutupnya. (**)