29 Maret 2024
Daerah

Bimtek Geuchik Aceh Utara ke Bogor, Pesan Warga: Jangan Sekedar Jak Peubulat Bulat Sente

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Ratusan Geuchik dari 15 Kecamatan di Kabupaten Aceh Utara kabar nya tahun ini berangkat ke Bogor secara bertahap untuk mengikuti Bimbingan Teknik(Bimtek). kata nya setiap Desa menggelontorkan Rp 30 juta untuk 2 peserta yang akan mengikuti Bimtek tentang pengolahan dan produksi pupuk organik,  Jumat (10/6). 

Ada 4 Kecamatan yang sudah berangkat gelombang pertama 9 mei 2022 yang terdiri Kecamatan Lhoksukon, Cot Girek, Syamtalira Aron dan Kecamatan Tanah Luas.

Menanggapi  Geuchik Aceh Utara mengikuti Bimtek ke Bogor mulai mendapatkan sorotan dari masyarakat, ada masyarakat mengatakan Bimtek Geuchik ke Bogor suatu kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk peningkat kapasitas serta mendapat inovasi baru untuk kesejahteraan masyarakat, bahkan ada warga yang berpesan pelatihan ke Bogor hanya sekedar "jak peubulat- bulat bola sente*

Iya mungkin setelah mengikuti Bimtek Geuchik- Geuchik di Aceh Utara ke Bogor tambah pinter, apalagi belajar cara membuat pupuk organik, tahun depan petani tidak perlu lagi membeli pupuk mahal, tapi sudah ada pupuk hasil produksi pupuk Gampong hasil belajar Geuchik.ujar Ismail warga Kecamatan Cot Girek.

Selanjutnya kata Ismail, selain bisa menimba ilmu dan wawasan, Geuchik bisa refresing setahun sekali di luar daerah.

Selain untuk menimba ilmu dan mendapatkan wawasan baru, Geuchik berkesempatan untuk refresing dan berleha -leha untuk melepaskan penat,karena  hampir setahun bekerja untuk rakyat, ujar nya.

Sementara warga Lhoksukon menanggapi dengan nyeleneh, terkait keberangkatan Geuchik ke Bogor untuk mengikuti Bimtek selama hari sewaktu pulang tidak ada aksi apa apa.

"Bek lheuh jak bimtek, abeh peng gampong peuk amak, wate woe lage yang kana , abeh batre bak jak peu bulat-bulat sente"(Jangan setelah ikut bimtek seperti yang sudah ada, habis batre menyetel bulat cahaya senter), celoteh warga yang minta nama tidak disebutkan.

Lanjut nya, jika benar benar serius dan ada tindak lanjut semua Desa yang telah ikut bimtek akan memproduksi pupuk organik, di pastikan Kabupaten Aceh Utara, bukan hanya akan banjir air hujan, tapi akan banjir pupuk

"Luar biasa, jika hasil bimtek akan di tindak lanjuti oleh Geuchik, Aceh Utara bukan hanya lumbung banjir air hujan, akan tetapi akan banjir pupuk, sebab seluruh Gampong di Kabupaten Aceh Utara di bangin pabrik pupuk," tutup nya.(Fadly P.B)