18 Oktober 2024
Polri

Bhabinkamtibmas Polsek Trienggadeng Berbagi Ilmu Dengan Mahasiswa KKM Al Muslim

Foto : Bhabinkamtibmas Polsek Trienggadeng, Bripka Bejo Utomo menerima kunjungan Mahasiswa KKM di lokasi pembibitan ikan lele yang dikembangkannya di Desa Dee | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Personil Kepolisian Resort (Polres) Pidie Jaya, Aceh, Bripka Bejo Utomo yang merupakan anggota Bhabinkamtimas Polsek Trienggadeng berbagi ilmu dan pengalaman dengan 
Mahasiswa Al Muslim Bireuen yang melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di wilayah tersebut, Minggu (19/2/2023).

Selama ini Bripka Bejo melakukan inovasi dengan membangun zona ketahanan pangan menghadapi pandemi Covid-19 dengan membudidayakan ikan lele di wilayah binaannya Desa Dee Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya.

Bahkan Kapolres Pidie Jaya AKBP Dodon Priyambodo S.H., S.I.K., M.Si, mendorong seluruh anggota Bhabinkamtibmas melakukan inovasi untuk memberikan contoh kepada warga binaannya.

Bripka Bejo kepada liputangampongnews.id mengakui ide membuat kolam ikan lele tersebut berawal tahun 2020 saat Indonesia terkhusus Pidie Jaya dialndanPandemi Covidy. Dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada milik keluarganya, ia mencoba membuat kolam lele.

Tujuan awal dari pembuatan kolam lele ini untuk menjukupi kebutuhan bibit lele di wilayah Pidie Jaya dan sekitarnya.

Selain itu untuk memberikan motifasi masyarakat yang tidak ada pekerjaan untuk berbudidaya ikan lele kerena sangat mudah dalam pemeliharaannya sehingga mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Trienggadeng dan sekitarnya.

“Pertama kali saya bikin satu kolam, yang menampung sekitar 300 an bibit ikan lele. Lalu terus saya kembangkan hingga seperti saat ini,” kata Bripka Bejo.

Setelah berhasil panen Ikan Lele, kemudian ia membagikan sebagian pada warga yang kurang mampu dan terdampak pandemi covid 19 dan sebagian lagi ia jual untuk dijadikan modal pengembangan kolam lagi.

“Alhamdulillah kini ada dua  kolam untuk indukan, pembibitan dua kolam dan embesaran lima kolam," rincinya

Bripka Bejo mengatakan sangat senang menerima kunjungan Mahasiswa/ Mahasiswi Al Muslim Bireuen dalam rangka kerja sama tentang cara budidaya lele dikolam tembok dan pemicahan bibit lele untuk jurusan Perikanan.

"Kepada adek-adek mahasiswa sebagai generasi muda harus semangat berkarya untuk membangun bangsa Indonesia, khususnya daerah sendir ini. Kita semua harus beguna bagi masyarakat banyak dikemudian hari," pesan Bripka Bejo.

Dalam pertemuan itu, Bhabinkamtibmas yang dulunya dari Satuan Brimob memberikan ilmu dan teknik pembesaran ikan lele kepada para mahasiswa. 

Begitu halnya dengan cara pemicahan bibit lele dengan baik dan benar. Para mahasiswa dari Umuslim itu juga sangat berterimakasih atas bimbingan dari Bhabinkamtibmas yang sangat mendukung dalam studi ilmu perikanan yang mereka peroleh.

Tak hanya kolam miliknya yang ia kembangkan, namun di wilayah binaanya yaitu Desa/Gampong Dee juga telah ia tularkan ilmunya pada warga desa setempat.

“Alhamdulillah, ada beberapa warga Desa Dee yang telah berhasil membudidayakan ikan lele,” kata Bripka Bejo.Selain itu, dari kolam yang ikan yang ia dikelola, sudah sudah diikuti oleh 15 masyarakat dan tiga Dayah (Pesantren).

Yang tersebar di Gampong Lhok Puuk Kecamatan Panteraja, Paru Keude Kecamatan Bandar Baru serta sejumlah Desa di Kecamatan Trienggadeng, yakni Desa Paya, Pelandok Tunong, Desa Deah Teumandah dan Tampui.

Sementara Kapolres Pidie Jaya AKBP Dodon Priyambodo S.H., S.I.K., M.Si, melalui Kasat Binmas Ipda Zuhri Yusuf, S.H, mengapresiasi inovasi yang dilakukan Bripka Bejo.

Kapolres berharap inovasi yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Trienggadeng ini bisa menjadi inspirasi bagi personil lainnya untuk terus berbuat, berinovasi membangun zona ketahanan pangan di masing-masing wilayah. Sehingga bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat," Pungkas Zuhri. (*)

-->