18 Oktober 2024
Pemilu 2024

Antusias Masyarakat Pidie Jaya Tinggi, Hari Kedua Pendaftaran PPS Capai 1.200 Lebih

Foto : Komisioner KIP Pidie Jaya, Tgk. Muhammad Yusuf juga Kordiv Sosdiklih Parmas dan SDM. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Antusiasme masyarakat Kabupaten Pidie Jaya untuk mendaftarkan diri menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) semakin terlihat. Pada hari kedua pendaftaran, Senin (19/22/2022) lebih dari seribu dua ratu orang sudah mendaftar.

Menurut data dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya, tercatat sampai pukul 17.00 Wib, sejumlah 1.269 orang sudah mengaktifkan akun pendaftaran secara daring melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

Komisioner KIP Pidie Jaya, Tgk Muhammad Yusuf dikonfirmasi liputangampongnews.id mengatakan, masa pendaftaran dibuka selama 10 hari mulai dari 18-27 Desember 2022 mendatang. 

Namun dua hari dibuka pendaftaran, hingga sore ini total ada 1.200 lebih yang melamar. Jumlah tersebut bisa saja bertambah lantaran waktu pendaftaran masih panjang. Ia pun mengapresiasi atas banyaknya pelamar calon anggota PPS.

"Kami sangat apresiasi karena masyarakat Pidie Jaya yang aktif dalam penyelenggaraan ini cukup tinggi. Sehingga nantinya kita mendapatkan yang terbaik dalam pelaksanaan proses tahapan pemilu 2024 nanti," pungkasnya.

Tambah Tgk. Sop lagi, informasi pendaftaran dibuka secara online dengan aplikasi SIAKBA. Di aplikasi website itu, terdapat kelengkapan persyaratan pendaftaran ada di sistem tersebut. Jadi pihak KIP menghimbau para pendaftar yang proses pendaftarannya belum tuntas segera melakukan pengecekan berkas dengan membuka akun SIAKBA." jelasnya

"Menjadi perhatian untuk seluruh pendaftar agar terus mengikuti dan cek 'update' terkini di akun SIAKBA, terutama yang proses pendaftarannya belum selesai," ujar Tgk Sop yang juga Kordiv Sosdiklih Parmas dan SDM.

Pada proses perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 yang baru saja selesai, saat proses pendaftaran banyak pendaftar PPK gagal dalam seleksi administrasi.

Hal ini terjadi kerana ada yang status pendaftarannya dalam kondisi meng-"upload" persyaratan melalui akun SIAKBA, termasuk ada sebagian pelamar yang statusnya mengisi berkas melalui akun SIKBA, sehingga banyak yang tidak tuntas."Jadi tuntaskan semua proses dalam aplikasi. Tentunya jangan sampai ada yang terlewatkan sampai keluar status berkas diterima. Bagi pendaftar agar rutin mengecek akun SIAKBA, pastikan berkasnya sudah diterima di SIAKBA sebelum pengantaran hardcopy ke kantor KIP Pidie Jaya agar memudahkan jika ada perbaikan." imbau Tgk Sop.

Adapun rekapitulasi status berkas pendaftaran PPS berdasekan data dari KIP Pidie Jaya per Senin (19/12/2022) pukul 17.00 Wib, adalah:
✓ Mengisi berkas (263)
✓ Meng-upload persyaratan (746)
✓ Mengkonfirmasi data (2)
✓ Menunggu pengecekan berkas (175)
✓ Berkas diterima (83)
Jadi totalnya (1.269)

Untuk informasi yang perlu diketahui oleh calon pendaftar PPS,  inilah tata cara pendaftaran Badan Ad Hoc yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di laman Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA). Simak selengkapnya di video ini yaaa... Klik: https://fb.watch/g-gIxmlyUR/ (*)

-->