21 September 2024
Daerah

Ampon Zikri, Anggota DPRK Pidie Jaya Dorong Lahirnya SMK Migas di Pijay

Foto : Teuku Zikri, Anggota DPRK Pidie Jaya | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Salah satu persiapan dalam menghadapi eksplorasi migas di Kabupaten Pidie Jaya yang dilakukan oleh Repsol salah satu perusahaan Internasional di Kilang Migas Rencong I. Anggota DPRK Pidie Jaya dari Partai Golkar Teuku Zikri, S.Sos,I mendorong Pemkab Pidie Jaya supaya segera melahirkan SMK Migas di Kabupaten tersebut, Selasa (04/7/2022). 

Keberadaan SMK Migas itu dinilai penting untuk menyiapkan tenaga ahli lokal Pidie Jaya yang nantinya bisa dipekerjakan di Kilang migas  Rencong I. Dengan adanya mega proyek Migas di Kabupaten Pidie Jaya bisa mensejahterakan warga sekitar, ungkap Teuku Zikri Politisi muda kelahiran Kota Meureudu. 

Politisi muda yang dikenal kritis itu mendorong Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh. Penyiapan ini harus segera dilakukan Pemerintah Kabupaten agar SDM lokal nantinya bisa dipekerjakan di Perusahaan Migas. 

Jadi ketika perekrutan tenaga kerja lokal semakin banyak warga lokal yang bisa dipekerjakan di perusahaan eksplorasi migas itu,” ungkap wakil rakyat yang dikenal dekat dengan masyarakat itu. 

Jika SMK Migas itu lahir di Pidie Jaya maka diharapkan bisa meningkatkan SDM warga setempat pada keahlian atau skill dunia industri, khususnya Migas. Dan itu membuat warga sekitar perusahaan tidak hanya menjadi penonton dengan adanya kilang terbesar itu, sebut Ampon Zikri. 

Zikri menambahkan, dengan adanya kilang migas di Pidie Jaya ini harus bisa menyerap banyak tenaga kerja lokal. Jika ada SMK Migas, warga Pijay juga bisa menjadi tenaga kerja saat kilang migas sudah beroperasi. Bukan hanya menjdi buruh kasar, katanya. 

Selain telah menyiapkan dorongan terkait SMK Migas ke Pemkab Pidie Jaya anggota DPRK ini juga menyampaikan permintaan SMK Migas itu kepada Pemkab Pidie Jaya dengan harapan di Kabupaten ini terdapat SMK Migas seperti halnya yang berada di Cepu.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar yang berkelanjutan tidak hanya bisa dilakukan dengan CSR, namun bisa lebih kepada peningkatan SDM,” 

Ini peluang yang harus dimanfaatkan Pemkab Pidie Jaya di sektor migas dengan melakukan penguatan SDM, pungkas Ampon Zikri mengakhiri keterangannya. (**)