25 April 2024
Daerah

Akibat Kelangkaan Pupuk Subsidi, Petani di Pidie Mengeluh

Liputangampongnews - Petani Kemukiman Krueng Seumideun Kabupaten Pidie mengeluh akibat kelangkaan pupuk subsidi pada musim tanam padi serentak pada pertengahan tahun.


Tokoh Masyarakat Krueng Siemedeun Tgk Irwan saat ditemui wartawan, Rabu (25/5) mengatakan, pihaknya sangat medukung upaya tanam padi serentak di pertengahan tahun ini untuk kemakmuran warga.

Menurut Tgk Irwan di Krueng Seumideun dalam satu tahun dua kali musim tanam padi serentak, akan tetapi pihak Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Pidie kurang peduli dan tidak memperhatikan masalah pupuk, kata dia.

Akibat dari kelangkaan pupuk subsidi tersebut pihak petani sangat kewalahan untuk memenuhi kebutuhan pupuk pada musim tanam kali ini, ujarnya.

Terutama sekali pupuk poska dan urea sangat sulit didapatkan oleh masyarakat petani, katanya. Dikarenakan harus tebus dulu baru warga bisa memperoleh pupuk.

Tgk Irwan berharap, kepada Pemerintah setempat, khususnya dinas terkait agar mempermudah para petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari Pemerintah.

Pihaknya, sangat membutuhkan campur tangan Pemerintah untuk mengatasi persoalan pupuk di pidie, siapa tahu ada pihak-pihak yang bermain sehingga terjadi kelangkaan pupuk diwilayahnya, ungkap Tgk Irwan.

Nasib para petani harus betul-betul diperhatikan dengan serius oleh dinas terkait, karena sektor pertanian ini menyangkut sumber pendapatan masyarakat ditingkat bawah, pungkasnya. (ZJ)