18 April 2024
Peristiwa

Warga Mane Pidie Rasakan Gempabumi Tektonik M 3.7

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Wilayah Mane Pidie, Provinsi Aceh dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik pada Kamis (26/05/2022) pukul 20:53:21 wib, kabar ini disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin, S.Si., M.Sc.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 3.7. Episenter terletak pada koordinat 4.85 LU dan 96.06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 km barat daya  Kabupaten Pidie Jaya-Aceh, pada kedalaman 4 km, sebutnya.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar Aceh Central yang berada di daerah tersebut. Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Mane Pidie III MMI", kata Andi Azhar Rusdin.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan -akan truk berlalu. dan di Tangse Pidie II MMI,
getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda -benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut, jelasnya lagi. Dan hingga pukul 21:50 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan", ungkap Andi Azhar Rusdin.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg", pungkasnya. (AS)