18 Mei 2024
Daerah

TTG Nusantara XXIII 2022 Cirebon, Pidie Juara Terfavorit TTG Unggulan

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Kabupaten Pidie meraih juara terfavorit Teknologi Tepat Guna (TTG) unggulan se-Nusantara XXIII Tahun 2022 yang digelar di Ballroom Aston Hotel, Cirebon, Jawa Barat.

Acara yang di buka oleh Menteri Desa PDTT, Dr. Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd., berlangsung mulai 18 sampai 21 Oktober 222.
Pada kesempatan ini, Kabupaten Pidie mewakili Aceh mendapat  Juara Terfavorit, pada kategori Alat Pengolah Kelapa Serba Guna.

Pada gelaran ini, Aceh yang diwakili oleh Pidie, menampilkan alat pengolah kelapa serbaguna, dimana satu alat memiliki banyak fungsi. Alat yang terbuat dari rangkaian besi pipa, siku dan plat, kemudian dipasang motor listrik sebagai penggerak untuk kukuran dan memeras santan. 

Sedangkan mengupas dan membelah kelapa ada bagian yang digerakkan dengan menggunakan tangan, namun masih satu rangkaian dengan kukuran dan memeras santan.

Dan alat yang cukup sederhana ini, selain mudah digunakan juga mudah dibawa atau dipindahkan sesuai tempat, karena ukurannya, tidak berat dan tidak membutuhkan tempat yang lebar, cukup simpel bagi mereka yang ingin membuka usaha kecil. Murah harganya, banyak fungsinya.

Sebagai Juara Terfavorit, Piala dan Piagam Penghargaan di serahkan langsung oleh Menteri Desa PDTT, diterima oleh Musdi asal Gampong Keuniree, Kecamatan Pidie, yang didampingi oleh Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong  (DPMG) Provinsi Aceh, DR. Zulkifli, dan Kadis DPMG Pidie, Mutiin, S.IP., M.Si.

Pada pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam rangkaian TTG Nusantara XIII, Menteri Desa PDTT ikut mengunjungi stand Aceh. Dikesempatan itu, Kadis DPMG Pidie, Mutiin memberikan hadiah Peci khas Aceh kepada Menteri Desa PDTT, H. Abdul Halim Iskandar.

"Pada pameran UMKM bapak menteri turut mengunjungi stand Aceh, kita hadiahi Peci khas Aceh, dan langsung dikenakan beliau", sebut Kadis DPMG Pidie.

Di samping itu, kata Mutiin, gelar TTG Nusantara XXIII akan diisi dengan temu bisnis, pameran UMKM, lokakarya, widyawisata, dan rakornis, yang di dalamnya untuk menentukan dimana Gelar TTG Nusantara tahun berikutnya akan dilangsungkan.

Bahwa gelar TTG merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi hasil teknologi tepat guna.

"Kegiatan ini sekaligus ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di desa", imbuhnya.

Terkait TTG Nusantara XIII, iapun menjelaskan, pergelaran TTG tersebut juga akan mempertemukan inovator dengan para investor/Pengusaha dalam pengembangan TTG di daerah. 

"Karenanya, dukungan kalangan dunia usaha sangat dibutuhkan dalam produksi alat TTG dengan tingkat harga yang terjangkau masyarakat", demikian Kadis DPMG Pidie. (AS)