25 April 2024
Nasional

Tim Riset FKM UTU Kunjungi Home Industri Pembuatan Tempe dan Tahu di Desa Purwodadi

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tim riset keilmuan bina desa FKM UTU melakukan kunjungan ke Home Industri pembuatan tempe dan tahu di desa Purwodadi, Rabu (9/2).

Tujuan kunjungan ini untuk memlihat usaha potensial yang ada di daerah tersebut, yaitu home industri pembuatan tempe dan tahu di desa purwodadi. Disamping itu kunjungan ini juga menjadi pengalaman bagi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Salah satu pengusaha Home Industri tempe dan tahu yaitu Bapak Agus Arianto mengatakan bahwa " Proses fermentasi dari tempe mencapai 5 hari, sedangkan tahu dengan masa endapan hanya membutuhkan waktu satu hari". "Selain itu dimasa pandemi harga bahan baku pembuatan tempe dan tahu meningkat dan penghasilan penjualan menurun. Dalam satu hari pembuatan tempe menghabiskan 20 kg kacang kedelai" pungkasnya.

Ketua kelompok dari mahasiswa yang bergabung dalam Tim Riset Keilmuan yaitu Muhammad Rizqi juga mengatakan bahwa "Kunjungan ini memberikan motivasi bagi anggota kelompok Tim Bina Desa Purwodadi untuk mengolah tempe dan tahu menjadi suatu produk yang berkualitas di masa yang akan datang." (Red)