29 Maret 2024
Daerah

SMAN 1 Meureudu Tetapkan Duta Literasi Sekolah dan Umumkan Pemenang Lomba Poster Tema Bully

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - SMAN 1 Meureudu tetapkan Ovi Ulyani sebagai Duta Literasi SMAN 1 Meureudu per Juli - Desember 2022 dan Nazwa Humaira sebagai pemenang pertama poster tema bully atau perundungan se-SMAN 1 Meureudu. Penyematan selempang Duta Literasi dan pemberian piala serta sertifikat dilaksanakan usai upacara bendera, Senin (08/08/22) di lapangan upacara. 

Program pemilihan Duta Literasi dan lomba poster bully sebenarnya telah dilaksanakan awal semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hal tersebut disampaikan Husna, S.Pd., M.Pd., Kepala SMA 1 Meureudu melalui seluler kepada wartawan liputangampongnews.id mengatakan, 

"Program pemilihan literasi ini hanya sebagai awal. Artinya ini seleksi awal untuk siswa-siswa yang akan dipilih untuk dilatih menulis. Nah, proses perekrutan siswa yang akan dibimbing ditentukan oleh pengumpulan resensi dan sinopsis kepada Panitia Program Pemilihan Duta Literasi. Hasil pengumpulan resensi dan sinopsis yang secara ajaib dimenangkan oleh siswa IPS yaitu Ovi Ulyani," jelas Husna. 

Lebih lanjut Husna menyampaikan bahwa program literasi tersebut akan dilanjutkan dengan proses pembimbingan penulisan kreatif, termasuk menulis berita. Sehingga para siswa memiliki kemampuan menulis. Minimal menulis esai, puisi, cerpen dan berita. 

"Mereka nanti akan dibimbing Pak Edi Miswar, guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Meureudu. Mungkin seminggu sekali atau dua minggu sekali. Itu tergantung mereka, para siswa. Kemudian saya akan arahkan buah pikir mereka lewat tulisan agar dapat dimuat di media online bahkan cetak. Saya harap juga bantuan dari liputangampongnews.id agar tulisan anak-anak kami dapat dimuat," ungkap kepala sekolah penggerak tersebut. 

Husna berharap, pengalaman dimuat tulisan saat masih di jenjang SMA dapat menjadi modal untuk siswa SMAN 1 Meureudu bila nanti menjadi mahasiswa. Sebab, masih menurut Husna, kompetensi yang paling dibutuhkan saat menjadi mahasiswa, yang pertama kemampuan presentasi. Kedua kemampuan menulis (makalah) dan ketiga kemampuan berbahasa Inggris. 

Di samping pemilihan Duta Literasi, Husna juga menginisiasi lomba poster tema bully atau perundungan. 

"Lomba poster tema perundungan ini semacam sosialisasi sekolah kepada para siswa mengenai perundungan atau bully. Minimal anak-anak dapat memahami bahwa bully diharamkan di sekolah (dan juga di mana pun mereka berada)," papar Husna masih melalui seluler. 

Berikut Nama-nama Peserta/pemenang Pemilihan Duta Literasi 

1. Ovi Ulyani XII IPS
2. Desi Muliyani XI MIPA 1
3. Arif Al-Farisi XII MIPA 1
4. Ulya Safira XI MIPA 1
5. Ajrina Humaira XII MIPA 6
6. Risqah Salsabila XI MIPA 7
7. Misbahul Jannah XI MIPA 5 

Berikut Nama-nama Pemenang Lomba Poster Tema Perundungan atau Bully 

1. Nazwa Humaira XII MIPA 4
2. Ovi Ulyani XII IPS
3. Putri Salsabila XII MIPA 2
4. Nurhaliza XII MIPA 2
5. Rismayani XII IPS

Pewarta : EM