08 September 2024
Daerah

Siswa SMAN 1 Singkohor Rutin Shalat Dhuha Berjamaah

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Rutinitas shalat dhuha berjamaah, sebelum masuk jam mata pelajaran di SMA Negeri 1 Singkohor, Aceh Singkil. Kebiasaan dan aktif siswa / si melaksanakan program unggulan untuk meningkatkan karakter religius kecintaan terhadap agama, sembari meminta doa, agar mudah menyerap ilmu sebelum masuk mata pelajaran. Kamis, (13/6/2024), terlihat di Musholla Al-Hijrah SMA Negeri 1 Singkohor dan diikuti oleh seluruh siswa serta guru.

Kepala SMAN 1 Singkohor, Ngabdan M S.Si menyampaikan, "kegiatan shalat dhuha berjamaah di sekolah ini, bertujuan membiasakan siswa melaksanakan ibadah serta menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan tenang. Kami berharap, dengan melaksanakan Shalat Duha secara rutin, para siswa dapat lebih fokus dalam belajar dan memiliki kedekatan spiritual yang lebih baik." sebutnya.

Selain itu, bagian kesiswaan Herlina S.pd juga mengatakan, "kegiatan shalat Dhuha berjamaah ini, mulai berjalan dari masa pandemi covid 19 dan sudah berjalan hingga sekarang," tuturnya, sambungnya.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 wib dengan shalat duha secara berjamaah, dilanjutkan dengan do'a yang dipimpin oleh guru agama. Setelah itu, siswa diberikan waktu untuk mendengarkan tausiyah singkat sebelum memulai pelajaran." Terangnya.

Kemudian Rifki Hasan salah satu siswa mengatakan, " kami sangat senang menyambut kegiatan rutin Shalat Duha, karena membuat hati kami lebih tenang dan siap untuk menerima pelajaran. Selain itu, kami juga dapat saling mengingatkan dalam kebaikan." katanya.

Program Shalat Duha berjamaah ini mendapatkan apresiasi juga dari orang tua para wali murid. Mereka merasa senang karena anak-anak mereka dididik untuk menjalankan ibadah dengan disiplin. 

Dengan adanya program ini, SMAN 1 Singkohor berharap dapat membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia dan kedekatan yang kuat dengan sang pencipta. (Khairi).