16 Mei 2024
Daerah

Rencana Pemindahan Pengungsi Rohingnya ke Pekanbaru Tak Jelas

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID- Rencana pemindahan 114 Pengungsi Rohingnya ke Pekanbaru, masih simpang siur , Minggu, 20 Maret 2022. 

Camat Jangka Alfian S.Sos mengatakan , 114  orang Pengungsi Etnis Rohingnya sudah dipindahkan dari Gampong Alue Buya Pasie ke Gedung Serbaguna Kecamatan Jangka. Tiga orang pengungsi Etnis Rohingnya mencoba melarikan diri dari tempat penampungan.

Alasan pemindahan dari Paya Pasie ke Gedung Serbaguna Kecamatan dikarenakan pengungsi tersebut tidak lagi di terima di Gampong tersebut dan sudah sempat membuat tenda di pintu gerbang Gampong Alue Buya Pasie . 

Demi rasa kemanusiaan kata camat jangka di pindah kan ke gedung serbaguna kecamatan setempat , sambil menunggu untuk di pindahkan ke Pekanbaru.

Dengan keberadaan pengungsi Rohingnya di gedung serbaguna tersebut, camat sangat kuatir , jika pengungsi Rohingnya masih berada di gedung serbaguna itu ,maka gedung serbaguna tersebut tidak bisa di gunakan untuk aktifitas kecamatan setempat .

Camat mengharapkan , pihak pihak terkait , yang menangani pengungsi Rohingnya , agar bertindak segera untuk memindahkan pengungsi Rohingnya .

Padahal Pemkab Bireuen sudah menyediakan Bus untuk keberangkatan Pengungsi Rohingnya tersebut ke Pekanbaru, dimana kendala nya , camat setempat belum tahu alasan nya . 

Kapolres Bireuen AKBP Mike Hardy Wirapraja SIK MH melalui Kabag Ops Polres Bireuen Kompol Afrizal SE, MM melalui pesan singkat WhatsApp , pihaknya menunggu hasil rapat Forkopinda Pekanbaru,  pungkasnya. (ADI SALEUM)