20 September 2024
News

Rawan Kecelakaan, Warga Gandapura Gotong Royong Perbaiki Jalan Negara

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Masyarakat Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen gotong royong menambal sejumlah lobang besar di jalan lintas Nasional Banda Aceh - Medan, Rabu (09/11). 

Diketahui, kawasan itu sering terjadi laka lantas dan sudah banyak korban. Mengantisipasi jatuhnya korban yang lain, warga Gandapura tegerak hatinya untuk menambal jalan tersebut.

Warga Gampong Blang Keude, Nirwan yang akrab disapa Iwan Gandapura mengatakan, hampir saban hari ada pengguna jalan yang melintas dikawasan itu jadi korban laka lantas. Semakin hari lobang tersebut semakin membesar. Untuk itu warga berinisiatif menambal lobang jalan tersebut. 

Dikatakan Iwan, Masyarakat dan Pemuda Gampong Blang Keude bahu-membahu bergotong-royong memperbaiki jalan negara dengan arus lalu lintas yang lumayan padat. 

Agar tidak terganggu pengguna jalan yang melintasi kawasan itu, lokasi yang sedang diperbaiki ditandai dengan plang di atas badan jalan. Karena semennya belum kering harus ditutup sementara, dia menghimbau warga yang melintas agar lebih berhati-hati. 

"Semangat dan budaya gotong royong  merupakan warisan endatu orang Aceh dalam membangun negeri, kata Musnawar. Dulu orang tua kita dengan semangat kebersamaan dua pesawat terbang bisa terbeli dan diisumbang untuk negara, katanya. 

Musnawar sangat mengharapkan, keseriusan Pemerintah Pusat mau Pemerintah Aceh agar jalan dan jembatan yang berlobang segera diperbaiki. 

Sementara itu, Abon Bukhari salah salah seorang Pimpinan Dayah di Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, meminta warga untuk terus berdoa, agar terbuka hati para pejabat dan pengambil kebijakan dan jalan tersebut segera diperbaiki oleh Dinas terkait, pungkasnya. 

Pewarta : Adi Saleum