08 September 2024
News
PUSS PIdie Jaya

PUSS DPRK Pidie Jaya Diwarnai Kericuhan, Saksi Parpol Protes!

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID -Penghitungan ulang surat suara (PUSS) hasil Pemilu DPRK Pidie Jaya di Dapil 1 dan 3 berlangsung di bawah pengawasan ketat aparat keamanan dari Polres Pidie Jaya dan Brimob BKO Polda Aceh, Sabtu (6/7). 

Pengamanan diterapkan mulai dari gerbang masuk kantor Bupati Pidie Jaya, tempat pelaksanaan PUSS, hingga setiap sudut dalam ruangan kantor tersebut. Langkah ini dilakukan untuk memastikan proses penghitungan ulang berjalan dengan aman dan lancar tanpa gangguan.

Komisioner KPU RI, Idham Holik, bersama Komisioner KIP Aceh, Muhammad Sayuni, hadir untuk memantau langsung proses PUSS. Mereka didampingi sejumlah rombongan lainnya yang juga turut mengawasi jalannya penghitungan ulang. 

Selain itu, Anggota Bawaslu RI, Puadi, S.Pd., M.M, turut hadir untuk memonitoring proses tersebut, menambah legitimasi dan transparansi dalam pelaksanaan PUSS.

Proses penghitungan dimulai sejak pukul 08.30 WIB dan berlangsung hingga siang hari. Selama proses ini, kondisi di kantor Bupati Pidie Jaya tetap aman dan terkendali.

Namun, menjelang sore hari, terjadi kericuhan ringan antara saksi Partai Politik (Parpol) dan petugas penghitungan di beberapa panel. Insiden ini menunjukkan adanya ketidakpuasan dari saksi Parpol terhadap hasil penghitungan.

Sepanjang pagi hingga siang hari, hanya satu kotak suara yang selesai dihitung di setiap dari 22 panel yang tersedia. Menjelang sore hari, proses penghitungan kotak suara kedua diwarnai insiden kecil.

Seorang saksi dari salah satu Parpol menolak hasil perolehan suara partainya yang mengalami banyak kerusakan, mengklaim bahwa pada hari pelaksanaan pemilu sebelumnya tidak ada kerusakan sebanyak itu.

Selain insiden ini, terdapat beberapa kejadian lain yang menurut saksi tidak sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku dalam pelaksanaan PUSS. Beberapa saksi menyampaikan keluhan mereka mengenai prosedur dan integritas penghitungan ulang yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan.

Hal ini menambah ketegangan dalam proses penghitungan yang seharusnya berlangsung dengan damai dan transparan.

Dalam wawancaranya dengan awak media liputangampongnews.id saat mengunjungi lokasi PUSS, Idham Holik, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaran KPU RI, mengapresiasi KIP Aceh dan KIP Pidie Jaya yang telah menyelenggarakan PUSS sesuai jadwal yang telah ditetapkan menindaklanjuti keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Idham juga mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Pidie Jaya dan Kapolres Pidie Jaya atas fasilitas tempat yang representatif, sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan aman. (**)