19 April 2024
Gampong

Pilchiksung Di Abdya Terancam Gagal, Kok Bisa? Ini Penjelasan Ketua Yara Abdya

LIPUTAN GAMPONG NEWS - Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) di Kabupaten Aceh Barat Daya terancam gagal, pasalnya anggaran yang dikucurkan dari APBG dinilai kurang cukup.

"Saya rasa dengan anggaran Rp.15 juta itu terlalu sedikit, karena untuk menggaji Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) saja sudah habis, apa lagi kebutuhan yang lain," sebut Suhaimi.

Dia juga menyarankan agar anggaran Pilchiksung tersebut ada upaya penambahan, karena mengingat keadaan sekarang masih dalam pandemi Covid-19.

"Kalau mengenai surat suara itu tidak etis karena terlalu kecil, apa lagi dari kertas HPS kertasnya pun mudah luntur. Dan kita khawatir
akan ada kecurangan nantinya,"  ujarannya.

Pemuda yang kerap disapa Semi itu juga menyarankan, agar Pilchiksung tersebut harus ada pencoblosan. Karena kalau cuma memasukkan surat suara kedalam kota suara terlalu mudah terhitung tanpa ada pembukaan kotanya. 

"Menurut saya anggaran yang dibebankan ke APBG untuk berlangsungnya Pilchiksung di Abdya perlu penambahan, kalau kita hitung angka 15 juta itu tidak cukup," harapnya.

Ketua Yara Abdya itu juga berharap Perbup Pilchiksung tersebut masih belum sempurna sehingga perlu di revisi kembali sebelum Pilchiksung di mulai.

"Didalam Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang "tata cara pemilihan dan pemberhentian keuchik" memang sudah diatur. Tapi, kita berharap harus ada ketegasan dalam isi Perbup tersebut, sehingga masyarakat tidak salah menafsirkan," pungkasnya.(Fadly P.B)