08 September 2024
Gampong

Pilchik Serentak Se Pidie Jaya Tahun 2023 Sukses, Tiga Petahana Bertahan

Foto : Proses Pemilihan Keuchik Gampong di salah satu lokasi Pemilihan Gampong Lhok Puuk KecamatanPanteraja yang berlangsung Secara Serentak Se Pidie Jaya 2023. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pelaksaanaan pemilihan keuchik gampong lansung (Pilchiksung) serentak tahun 2023 di 12 gampong/ desa yang tersebar di 7 (tujuh) kecamatan se kabupaten Pidie Jaya berjalan lancar, sukses dan kondusif.  Mulai dari masa pendaftaran hingga pelaksanaan pungutan suara serta tahap perhitungan suara yang telah selesai dilaksanakan pada hari Senin (24/6/2023).

Berdasarkan informasi yang diperoleh liputangampongnews.id, tingkat Partisipasi masyarakat dalam pemilihan ini cukup tinggi.  Dari 12 gampong yang melakukan pemilihan keuchik baro, ada tiga orang petahana yang kembali terpilih di Pilchiksung serentak Pidie Jaya, yaitu Bukhari, Keuchik Gampong Lhok Puuk Kec. Panteraja.

Selanjutnya, Helmi Ghazali Keuchik Gampong Pante Beureune dan Helmi ,Keuchik Meunasah Bie Keduanya Kecamatan Meurah Dua. Semenatara 9 keuchik terpilih lainnya yang berhasil menjadi kechik merupakan wajah baru dari kaum milenial.

Adapun 12 keuchik gampong terpilih se- Kabupaten Pidie Jaya adalah:

  1. Martunis, Keuchik Abah Lueng Kec. Bandar Baru
  2. Bukhari, Keuchik Lhok Puuk Kec. Panteraja
  3. M. Nasir, Keuchik Reusep Kec. Trienggadeng
  4. Hidayatullah, Keuchik Buloh Trienggaadeng
  5. Israruddin, Keuchik Dayah Timu Kec. Meureudu
  6. Mursalin, Keuchik Lhok Sandeng Kec. Meurah Dua
  7. Helmi Ghazali, Keuchik Pante Beureune Kec. Meurah Dua
  8. Helmi, Keuchik Meunasah Bie, Kec. Meurah Dua.
  9. ISkandar, Keuchik Balee Ulim Kec. Ulim
  10. Mansur Syamaun, Keuchik Gp. Baro Kec. Bandar Dua
  11. Mukhlis, Keuchik Alue Sane Kec. Bandar Dua
  12. Ahyanuddin Keuchik, Keuchik Meuko Buloh Kec. Bandar Dua

Camat Meureudu, Jailani SE., MM menyampaikan pesta demokrasi tingkat terkecil (gampong) yaitu Pemilihan keuchik serentak Tahun 2023 di kecamatan Meureudu hanya untuk satu gampong saja, Dayah Timu danprosesnya berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Camat Meurah Dua, Isknadar SE, menyebutkan tingginya tingkat partisipasi pemilih dalam memilih pemimpin tingkat gampong sangat tinggi. 

“Ada tiga gampong di Meurah Dua yang melaksanakan pemilihan pimpinannya. Semua warga yang ada di daerah ikut berpartisipasi. Mereka yang tidak hadir merupakan warga yang sedang menjalankan tugas di luar daerah dan melanjutkan Pendidikan,” pungkas Iskandar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie Jaya, Hasbi, SE saat dikonfirmasi liputangampongnews.id meyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam menyukseskan pemilihan keuchik serentak tahun 2023 se Pidie Jaya ini.

“Siapaun yang menang irulah pemimpin kita, semua warga harus mendukung keuchik terpilih tidak ada lagi timses salah satu calon. Kita harus ikut mendukung dan membangun gampong dan bagi yang kalah harap berbesar hati dan ikut membantu keuchik terpilih dalam membangun gampong.” Pinta Hasbi.

Bahwasanya gampong akan maju apabila keuchik terpilih dan masyarakat selalu kompak bahu membahu membangun daerahnya. Kepada keuchik terpilih, Hasbi juga berpesan agar melanjutkan apa yang sudah baik selama ini, benahi yang masih kurang dan koordinasi dengan Tuha PeutTuha Lapan dan seluruh warga,” harapnya. (*)