19 September 2024
Daerah

Pidie Raih 4 Penghargaan Bidang Literasi Dari Pj Gubernur Aceh

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Ny. Suaidah Sulaiman mendapat penghargaan (Piagam) dari Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, sebagai Bunda Literasi teraktif Se-Aceh. Bunda Literasi ini sendiri diangkat dari Istri para Penjabat Bupati/Walikota Se-Aceh.

Kemudian penghargaan juga diberikan untuk  perpustakaan Gampong Mee Tanoh, Kecamatan Peukan Baro, Pidie, sebagai Juara Terbaik 1 Perpustakaan terbaik se-Aceh atas capaian advokasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial Tahun 2023. 

Selanjutnya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pidie juga mendapatkan penghargaan Terbaik 1 atas capaian Implementasi Program Transformasi  Perpustakaan Berbasis inklusi Sosial Tahun 2023. 

Penghargaan juga diberikan kepada Perpustakaan Gampong Keutapang Bambong dari Kecamatan Delima mendapatkan juara II terbaik se-Aceh. 

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, yang didampingi oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra, S.STP., MSP., bertempat di Gedung Layanan Lantai 4 Aula Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Rabu (22/11/2023), pada Peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan Tahun 2023, demikian disampaikan Kabag Prokopim Setdakab Pidie, Teuku Iqbal, S.STP., M.Si.

Pada kegiatan, Bunda Literasi Pidie, Ny. Suaidah Sulaiman turut di dampingi Kadis Perpustakaan dan Arsip Pidie, H.T. Sabirin, S.H., M.M., Plt. Ketua Dharma Wanita Pidie, Ny. Saptati Rengganis beserta pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, kata Teuku Iqbal, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, menekankan pentingnya menumbuhkan minat baca di kalangan masyarakat. 

Ia menyatakan bahwa minat baca merupakan hasil dari proses belajar, pembiasaan, pengalaman, dan dukungan lingkungan sekitar. 

Pemerintah Aceh terus berkomitmen untuk merangsang minat baca warga melalui berbagai upaya, termasuk pembangunan perpustakaan, kampanye membaca, kerjasama dengan para pegiat literasi, dan hadirnya pojok- pojok baca.

"Peningkatan minat baca masyarakat adalah investasi bagi masa depan. Dengan literasi yang tinggi, kita dapat menciptakan masyarakat yang cerdas dan berdaya saing," ujar Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, yang disampaikan kembali oleh Kabag Prokopim Setdakab Pidie. (**)