19 September 2024
Daerah

Pidie dan Pijay Dapat Kaki dan Tangan Palsu dari Kemensos RI

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Ditjen Rehabilitasi Sosial, Kemensos RI, menyalurkan 34 kaki dan tangan palsu untuk disabilitas Pidie dan Pidie Jaya, Kamis (27/07/2023).

Tenaga Sosial dari Kemensos RI, Fadhli Ramadhan, kepada sejumlah awak media mengatakan, penyaluran kaki dan tangan palsu ini merupakan program atensi disabilitas Kementerian Sosial.

Penyaluran kaki dan tangan palsu tersebut berdasarkan data disiabilitas yang membutuhkan. Proses penyaluran kaki dan tangan palsu itu, pihaknya hanya hanya menerima data kebutuhan dari Dinas Sosial Kabupaten, terang Fadhli.

Berdasarkan data penyaluran kaki dan tangan palsu untuk Pidie sebanyak 27 unit. Sementara Pidie Jaya 7 unit, sebutnya.

Disampaikan juga, program ini sudah berjalan sejak dulu, namun lebih diprioritaskan untuk kabupaten yang belum pernah mendapatkan bantuan tersebut.

Kendati demikian, Kemensos juga akan melihat angka kebutuhan disabilitas terkait kaki dan tangan palsu. Untuk saat ini, pihaknya mendampingi vendor melakukan pengukuran kaki dan tangan. Setelah diukur paling lama sebulan kedepan sudah dipasang kepada penerima manfaat, demikian Fadhli.

Kadinsos Pidie, Drs. H. Muslim, mengatakan, penyaluran kaki dan tangan palsu tersebut berdasarkan permintaan dan usulan dari Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto kepada kemensos RI beberapa waktu lalu.

“Kita mengusulkan 44 kaki dan tangan palsu untuk Pidie, namun untuk tahap ini baru 27 yang terealisasi. Semoga bantuan kaki dan tangan palsu ini bermanfaat bagi seluruh disabilitas Pidie, dan kita sangat berterimakasih kepada Kemensos RI atas terealisasinya bantuan ini", ucap H. Muslim. (AD)