13 Oktober 2024
Olahraga

Piala Bupati Pidie Jaya Cup U-18 2023: Bandar Baru Berbagi Angka dengan Meureudu Setelah Bermain Imbang 1-1

Foto : Pemain Bandar Baru (Biru) sedang menunggu bola umpan lambung dari rekannya dan pemain Meureudu (Merah-hitam) mencoba menghalangi serangan lawan. | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tim Kecamatan Bandar Baru harus puas berbagi angka dengan Meureudu setelah bermain imbang 1-1 pada laga lanjutan Pool A Piala Bupati Pidie Jaya Cup 2023, Sabtu (16/12) sore.

Pada pertandingan ini Bandar Baru lebih duluan sempat unggul lewat gol Zidane, tetapi Meureudu bisa menciptakan gol balasan oleh M Khadafi sehingga menyamakan kedudukan.

Hasil ini membuat Bandar Baru masih berada di peringkat kedua klasemen sementara Pool B dengan 4 poin dari 2 laga. Namun masih tersisa satu laga terakhir sebagai penentu lolos ke babak semifinal.

Sementara Meureudu tetap menempati posisi pertama klasemen sementara, dengan 4 poin dari 3 laga. Untuk penentuan lolos ke babak semifinal, Meureudu harus menunggu hasil dari laga lainnya dalam Pool A.

Jalannya pertandingan yang ikut disaksikan Camat Bandar Baru, Muhammad, Kapolsek Bandar Baru Ipda Rizky Hidayat SE, H M Jamil Walet dan Kechik Eddy Kurniawan berjalan alot. Awal laga, kedua kesebelasan bermain saling menyerang.

Peluang pertama diperoleh Bandar Baru yang diasuh Suheri Daud pada menit 10, berawal dari umpan crossing dari M. David diterima oleh Zidane namun tendangannya masih bisa ditepis kiper Ziat.

Skuad Meureudu juga mengambil inisiatif dengan melakukan serangan balik. Begitu halnya punggawa Bandar Baru yang dikawal Save Firdaus mengamankan ancaman serangan dari Meureudu. 

Babak pertama selesai namun skor masih 0-0, meski kedua tim balas-balasan menyerang.

Memasuki babak kedua, tim yang diarsiteki Dedy.M kembali mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman lewat serangan Zidane dan kawan-kawan sempat dijegal oleh pertahanan Meureudu hingga terjatuh.

Akibatnya permainan sempat terhenti, namun tidak ada Pluit dari Wasit Hamdani sehingga sempat terjadi salah persepsi antar pemain. Karena menganggap adanya pelanggaran pemain Meureudu langsung memegang bola dalam kotak terlarang.

Alhasil wasit menghadiahi pinalti untuk Bandar Baru, tetapi tendangan yang dieksekusi Irsyadul gagal, yang melaju tipis di atas mistar gawang.

Dari kejadian itu, terpantau kedua official tim kecewa terhadap kepemimpinan wasit Askab PSSI Pidie Jaya.

Bandar Baru akhirnya sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh penyerang tajam Zidane pada menit ke-39.

Berawal dari umpan terobosan M.Haidar, bola dapat disambung langsung oleh Zidane yang menyelesaikan.dengan tendangan sleding luput dari kawalan kiper Meureudu dan skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, kesebelasan Meureudu yang tak mau langsung angkat koper dari kompetisi tersebut. Skuad besutan Zarius juga berbalik memberikan ancaman untuk mencari gol penyeimbang.

Berawal dari serangan balik dan umpan yang dikirimkan oleh Aziz, bola dapat diterima oleh M.David yang selanjutnya membobol gawang Bandar Baru sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Pada sisa waktu babak kedua, kedua tim terus berupaya untuk mencari gol kemenangan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor sama kuat 1-1 tetap bertahan.

Selanjutnya, Bandar Baru akan bertemu Trienggandeng pada laga terakhir Pool A, Senin (18/12) pukul. 14.30 WIB.

Pertandingan Pool B, Jangka Buya Lolos Ke Semifinal 

Fase grup Pool B Bupati Pidie Jaya Cup 2023 masih menyisakan tiga laga lagi. Meski begitu,  Tim Kecamatan Jangka Buya menjadi tim satu-satunya sudah memastikan dirinya lolos ke babak semifinal dengan mengantongi 2 kemenangan.

Sementara Kecamatan Meurah Dua harus rela menguburkan impian lolos fase grup setelah mengalami 2 kali kekalahan dan menduki juru kunci klasemen sementara Pool B. Pertama kalah dengan Kecamatan Ulim dan kekalahan kedua  dari Kecamatan Jangka Buya.

Pada laga yang mempertandingkan Jangka Buya dengan Meurah Dua, Sabtu (16/12) pukul 14.30 WIB di stadion yang sama, Jangka Buya Tim binaan Camat Nasruddin sempat ketinggalan pada babak pertama.

Lewat gol penalti yang dieksekusi oleh sang kapten tim Aulia, pasukan binaan Camat Meurah Dua,  Iskandar unggul 1-0. Skor bertahan hingga turun minum.

Gol balasan baru mampu dilakukan oleh Skuadra Jangka Buya pada menit ke 4 babak kedua. Berawal dari tendangan bebas M.Reza (C) dari jarak 30 meter lepas dari tangkapan kiper Meurah Dua yang kurang cekatan. Skor berubah menjadi 1-1.

Kemudian selang 10 menit, anak-anak Jangka Buya berhasil menambah untuk kemenangan meraka. Gol tercipta lewat bola heading (sundulan) dari Dhahrul yang mendapat sontekan oleh tendangan pojok yang dilakukan M. Reza.

Skor berubah menjadi 2-1 kemenangan Jangka Buya. Kedudukan tersebut bertahan hingga laga usai. Dari hasil tersebut Pasukan Jangka Buya dipastika lolos ke babak semifinal, meskipun masih tersisa 1 laga terakhir melawan Kecamatan Ulim.​​​​​​Berikut klasemen Sementara Piala Bupati Pidie Jaya Cup 2023.

Pool A 

1.  Meureudu       3  1  1  1  (5-3)  4

2. Bandar Baru   2  1  1  0  (4-3) 4

3. Panteraja         1  1  0  1  (4-4)  3

4. Trienggadeng 1  1  0  0  (0-3) 0

Pool B 

1. Jangka Buya 2  2  0  0  (5-1) 6 *)

2. Ulim                1  1  0  0  (1-0)  3

3. Bandar Dua   1  0  0  1  (0-3) 0

4. Meurah Dua  2  0  0  2  (1-3)  0

*) Lolos ke semifinal 

Daftar Top skore sementara

1. Zidane (Bandar Baru) 3 Gol

2. Reza (Jangkabuya) 3 Gol

3. Alief Munandar (Panteraja) 2 Gol

4. Zaki Muwaffaq (Meureudu) 2 Gol.

Pertandingan selanjutnya, Minggu (17/12/2023). Laga pertama, Tim Kecamatan Bandar Dua VS Ulim (pukul 14.30 WIB). Selanjutnya, pukul 16.30 WIB,  Tim Kecamatan Panteraja VS Kecamatan Trienggadeng. (*)

-->