08 September 2024
Gampong

Petani Jagung di Pedalaman Bireuen Butuh Perhatian Pemerintah

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Gampong Cot Meugo merupakan salah satu Desa yang tergabung di Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, potret kehidupan masyarakatnya berprofesi sebagai petani jagung dan perkebunan. masyarakat setempat 98% umum nya petani jagung dan berkebun,dengan angka jiwa lebih kurang 500 jiwa,Rabu 02/03/2023

M Yunus selaku Ketua kelompok tani jagung menjelaskan ada tiga nama kelompok tani
1.kelompok Tani :Blang kunyet
2.kelompok Tani:Bina usaha
3:kelompok Tani: Mata ie makmu

Yang mempunyai lahan sekitar lebih kurang 500 hektar yang berjumlah anggota lebih kurang 220 anggota tani.

Kata yunus pada media ini. Kelompok tani yang dia pimpin sekarang sangat mengharap bantuan bibit jagung unggul,pupuk bersubsidi,obat obat untuk hama.

M.Nazir selaku kepala desa setempat kepada media Liputan gampong news.id.Menjelas kan,dengan kondisi sekarang ini,potret kehidupat masyarakat kami yang bercocok tanam,yang menjadi petani jagung sangat perlu perhatian dari pemkab Bireuen,maupun pemerintah Aceh.

Kata M.Nazir sejak dulu sampai sekarang masyarakat kami dengan kondisi pendemik. Sekarang ini yang melanda negri,kita masyarakat di pedalaman yang tinggal di atas bukit.dengan menjadi petani jagung bisa menghidup kan perekonomian masyarakat setempat.

apalagi tanaman muda dari pembibitan sampai menunggu panen cuma memakan waktu sekitar 4,5 bulan setengah.di bandingkan menanam tanaman pohon tua seperti kelapa atau sawit yang membutuhkan waktu yang lama, sambil menunggu tumbuhan yang tua baru panen, masyarakat setempat memilih menjadi petani jagung.

Keuhcik setempt juga tidak memungkiri dan mengakui Dinas Pertanian dan Perkebunan sering meninjau ke lokasi untuk memberi penyuluhan kepada petani ,dan setiap setahun sekali ada mendapat kan bantuan,berupa bibit jagung. Itu yang sangat di harapkan oleh petani "tutur M.Nazir.


Sementara itu, Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bireuen Irwan SP, M.Si menjawab kepada media liputangampongnews.id, Rabu(02/03) pihaknya akan berusaha dan berupaya mengajukan permasalahan yang dialami kelompok petani jagung di desa cot meugo , kecamatan jeumpa dan kecamatan lain nya ke Bupati Bireuen maupun ke Pemerintah Aceh dalam hal ini Dinas terkait, katanya.

Bantuan Benih jagung yang sebelumnya diterima oleh petani di Kabupaten Bireuen merupakan bantuan dari Pemerintah Aceh.
Kata irwan di Tahun 2022 belum ada,apabila ada dia akan kasih kabar melalui Kepala Pertanian Kecamatan pungkas irwan di ruangan kerjanya kepada media ini. (Adi Saleum)