27 Juni 2022
Sumut

Peringati HSN, Project Wings Sumatera Berkolaborasi dengan Berbagai Element Bersihkan Sampah di Bukit Lawang

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID Langkat SUMUT - Peringatan Hari Sampah Nasional yang jatuh pada hari senin (21/02/2022), diperingati oleh berbagai elemen di kawasan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, dengan melakukan aksi kutip sampah. 

Eddy Hidayat selaku kordinator kegiatan peringatan hari sampah nasional mengatakan kegiatan yang diprakarsai oleh Project Wings Sumatera ini, berhasil Mengumpulkan sebanyak 325 kg sampah. 

"Alhamdulilah kegiatan aksi pungut sampah yang laksanakan Project Wings Sumatera berjalan dengan baik. Dimana dalam kegiatan ini, juga diikuti oleh berbagai element lembaga, stake holder dan masyarakat 3 desa yakni, Desa Perkebunan Bukit Lawang, Desa Sampe Raya dan Desa Timbang Lawang." ungkapnya. 

Eddy menambahkan, 325 kg sampah yang berhasil dikumpulkan dalam kegiatan aksi pungut sampah ini, akan diproses oleh pihak Trash Bank. 

"Kami berharap kedepan masyarakat yang berada di Bukit Lawang bisa memimilah sampah yang dihasilkan dari rumah, agar proses pengelolaan di Trash Bank akan lebih gampang untuk di proses," katanya. 

Sementara itu  Hanzalah Rangkuti selaku Founder Sumatera Trans Bank menambahkan, sebagai kawasan wisata dan berdampingan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Bukit Lawang harus bersih dari sampah dan memiliki sistem pengelolaan sampah yang baik. 


"Sumatera Trash Bank berkomitmen mendukung program Pemerintaj Sumatera Utara dalam pengembangan destinasi wisata di bukit lawang, serta penanggulangan dan pengelolaan sampah di daerah wisata Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok," Paparnya. 

Dalam pelaksanaan aksi pungut sampah, berbagai element komunitas dan pemerintah juga terlibat, seperti River School Kuala, KMPA, MPL, APPEL ,  BBTNGL, PREMAN NASI BUNGKUS,  DESTANA, DOBRAK, KORAMIL 06 Bahorok, Formas TNGL, POKDARWIS dan masyarakat. (AD)