29 Maret 2024
Mimbar Islam

Peringati 5th Gempa Pijay, Remes Iskandar Muda Gelar Zikir Bersama dan Tabligh Akbar

Liputangampongnews.id - Masyarakat Kemukiman Manyang Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya menggelar dzikir bersama dan tabligh akbar untuk memperingati 5 tahun bencana gempa. Peringatan dipusatkan di Masjid Iskandar Muda Kuta Batee Gampong Manyang, Minggu (5/11/2021) (malam).

"Hari ini zikir dan tabligh dilakukan di kemukiman manyang yang di prakasai oleh remaja mesjid Iskandar Muda Kuta Batee kemukiman Manyang," ujar ketua remaja mesjid Samsuar.

Ia berharap, momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan sekaligus lima tahun pascagempa, dapat mengembalikan semangat warga kemukiman manyang dan pijay untuk bangkit seperti kejayaan kemasjidan Iskandar Muda Kuta Batee.

“Kita mengenang kembali musibah ini, tapi bukan berarti meratapi,“ kata Ketua remes Iskandar Muda Kuta Batee.

Dengan mengenang momentum bersama ini mari kita tawaqal diri kepada Allah Swt dan meteladani sifat Rasullah Saw, ujar Wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi.

Mesjid ini merupakan mesjid bersejarah pada masa kesultanan Iskandar Muda, sehingga terbukti di depan mesjid ini merupakan benteng pertahanan, kenang Walet.

Kami atas nama pribadi sangat bangga atas inisiatif para remaja dalam menghidupkan syiar keislaman seperti kejayaan masa kesultanan Iskandar Muda.

Terkait 5 tahun peristiwa gempa lanjut , ia mengimbau kepada warga Pijay untuk ambil hikmahnya dan ke depan tetap waspada. Sebab Pijay rawan bencana dan kapan terjadinya tidak bisa diketahui.

“Warga jangan lengah dan tetap siaga serta koordinasi dengan semua pihak bila gempa terjadi secara tiba-tiba. Ini demi keselamatan warga dan menghindari kerugian,” sebutnya.

Ustadz Abi Maulana Syarifuddin dalam Dalam Tausiahnya,beliau menjelaskan tentang dalil maulid nabi yang terdapat di dalam al-qur'an. (NS)