17 September 2024
Daerah

Pemkab Nagan Raya Mengikuti Penas Petani Nelayan XVI Tahun 2023 Di Kota Padang

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID ,-  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh menghadiri dan mengikuti pembukaan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).

Penas Petani Nelayan Indonesia XVI secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU mewakili Presiden Ir. Joko Widodo secara virtual yang terpusat di Lapangan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir, Kota Padang.

Kegiatan peresmian ditandai dengan pemukulan "Gandang Tambua" oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sumbar dan Ketum KTNA Nasional Sofyan Hadi serta disaksikan oleh para tamu undangan yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, selain dihadiri oleh 14 gubernur atau yang mewakili beserta 293 bupati/walikota, kegiatan tersebut juga dihadiri sebanyak 19.443 peserta telah hadir sesuai dengan data registrasi peserta dari Kementerian Pertanian.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si mengatakan, keikutsertaannya pada kegiatan itu karena mengingat wilayah Kabupaten Nagan Raya terdiri dari lahan pertanian, perkebunan bahkan juga terdapat pesisir pantai yang masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

"Pastinya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat. Apalagi sebagian besar Kabupaten Nagan Raya merupakan lahan pertanian dan juga terdapat laut, tempat nelayan mencari rezeki," kata Fitriany, Senin (12/6/2023).

Dengan keikutsertaan dalam kegiatan itu, Ia berharap agar dapat meningkatkan pengetahuan serta kemampuan petani dan nelayan dalam pengelolaan hasil alam, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat untuk menekan inflasi di daerah.

"Mudah-mudahan kehadiran kita di sini dapat menyerap ide-ide dan gagasan yang bisa kita aplikasikan untuk kemajuan pertanian dan perikanan di Kabupaten Nagan Raya," ujarnya.

Pada acara Penas ini juga diisi dengan pemeran pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan, temu teknologi, temu agribisnis dan beberapa kegiatan lainnya. Di lokasi pameran juga terdapat stan tiap-tiap provinsi dan kabupaten/ kota untuk mempromosikan produk-produk unggulan di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Seperti diketahui, kegiatan Penas tersebut merupakan ajang berkumpul dan silaturahmi petani nelayan dan petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta serta pemerintah untuk bisa saling berbagi informasi dan pengalaman serta mengembangkan kemitraan dan jejaring kerja sama.

Dalam kegiatan yang berlangsung dari 10 hingga 15 Juni 2023, selain Pj. Bupati Fitriany Farhas, dari Kabupaten Nagan Raya sendiri kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Pejabat Administrator dan Pejebat Fungsional Penyuluh Pertanian, Pengurus KTNA Kabupaten Nagan Raya, serta anggota Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa (Kelompencapir).