29 Maret 2024
Daerah

Munir A Jalil Terpilih Sebagai Koordinator Keujruen Blang Jangka Buya

Liputangampongnews.id - Setelah Selesai Pemilihan Munir A jalil warga Gampong Reului Mangat terpilih sebagai Koordinator Keujruen Blang kecamatan yang digelar di kantor Camat Jangka Buya Kabupaten Pidie Jaya , Jum'at (10/12/2021).

Dalam arahannya Camat Jangka Buya Nasruddin SE mengatakan, Pemilihan yang diikuti oleh sejumlah keuchik dan keujruen Blang Gampong dari Dua kemukiman yaitu Jangka Buya Barat, dan kemukiman Jangka Buya Baroh. Total perolehan 25 suara. 

Pemilihan terlaksana dengan Dua orang calon yaitu Munir A Jalil dari perwakilan kemukiman Jangka Buya Barat memperoleh 14 suara, kemudian Sofyan Sulaiman dari perwakilan kemukiman Jangka Buya Baroh  memperoleh 11 suara. Sehingga hasil pemilihan hari ini Munir A Jalil  terpilih sebagai Keujruen Blang kecamatan Jangka Buya. Imbuhnya.

Fungsi Keujruen Blang Merupakan perangkat adat dalam masyarakat memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengatur dan mengelola pertanian sawah melalui lembaga adat Keujruen Blang. Perannya, mencakup pengaturan dan koordinasi pembagian air kepada petani, memimpin pelaksanaan gotong royong, memastikan terlaksananya berbagai kesepakatan adat, dan terlibat langsung dalam penyelesaian sengketa.

"Alhamdulillah, berkat kerja sama semua pihak, baik Muspika, Mukim, Koordinator BPP Kecamatan, Keuchik dan Keujruen Gampong hari ini kita sudah terpilih  Koordinator Keujruen baru di kecamatan Jangka Buya," Tutup Camat setempat.

Sementara diruang yang sama koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Jangka Buya Sofyan Syah S.ST  menerangkan, Fungsi keujruen blang juga terkait dengan Pemerintahan. Kehadiran keujruen blang diharapkan mampu membuat hasil panen para petani menjadi lebih baik.

Salah satu fungsi keujruen blang adalah bermusyawarah dan menentukan jadwal khanduri blang hingga mengkoordinasikan dengan Keuchik dan  para petani terkait pelaksanaan khanduri blang secara lebih mendetail.

Lanjut Sofyan dengan adanya Keujruen Blang, Pemerintah juga mudah mensosialisasikan ilmu untuk para petani melalui perantara keujruen blang. Begitu pula sebaliknya, keujruen blang juga menjadi jembatan para petani untuk menyuarakan aspirasinya terkait dengan berbagai permasalahan dalam sektor pertanian. Pungkas Koordinator BPP Kecamatan. (Wanispijay)