18 Oktober 2024
Daerah

Meugang Hari Pertama di Sigli Harga Daging Rp180 Ribu/Kg, Ludes Selepas Dzuhur

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tak seperti meugang menjelang ramadhan ataupun pada meugang hari raya tahun-tahun sebelumnya, dimana sampai menjelang magrib pun di Pasar Pante Teungoh, Kota Sigli, masih ada pedagang yang menjual daging, hal ini disebabkan sepinya pembeli.

Namun pada hari pertama meugang ramadhan 2023 ini, Selasa (21/03/2023), sungguh suatu rahmat bagi para pedagang di Pasar Ibu Kota Kabupaten Pidie tersebut, betapa tidak, selepas Dzuhur dagangan mereka sudah ludes alias habis terjual.

Seperti diakui Mustafa, Jafar dan Ridwan, yang setiap meugang menjual daging di Pasar Pante Teungoh. Mereka tidak menyangka dagangannya habis terjual selepas Dzuhur. 

"Tahun-tahun sebelumnya kami berjualan sampai menjelang magrib, bahkan pernah tidak habis, sehingga merugi. Tetapi pada meugang ini, selepas Dzuhur sudah habis terjual. Ada juga kawan kita baru pukul 11 tadi sudah habis laku", ungkap Mustafa.

Diakuinya, harga sapi ataupun kerbau masih tinggi di Pidie, tetapi dengan cepat habis bisa untung, walau tidak banyak. Untuk harga modal, kata Mustafa, sapi sedang dia beli Rp16 juta se-ekor, dan Kerbau sedang 24 juta se-ekornya. 

"Kami menjual, baik daging sapi maupun kerbau Rp180 ribu sekilonya. Untuk tulang Rp65 ribu sekilonya", ungkap Mustafa, yang diamini rekannya.

Pantauan awak media ini di Pasar Pante Teungoh, Kota Sigli, ada sekitar 70 lapak atau meja penjual daging, dan sekira pukul 11.00 wib, ada lapak yang mulai kosong.

Masih pantauan awak media ini, selepas Dzuhur, dari sekitar 70 lapak, hanya beberapa yang masih tersisa. Mungkin Daya beli masyarakat dan faktor cuaca juga mempengaruhi aktifitas pasar, khususnya hari meugang.

Untuk harga lainnya di Pasar Pante Teungoh pada Selasa (21/03/2023) atau meugang hari pertama dari dua hari meugang di Kota Sigli, daging ayam potong dijual antara Rp50-55 ribu/ ekor, dan bebek Rp60 ribu/ekornya.

Sedangkan Tomat Rp9ribu/kg, kentang Rp15 ribu/kg, Bawang Merah kampung Rp24 ribu/kg, Cabai Merah Rp30 ribu/kg, Cabai Rawit Rp32 ribu/kg, kelapa utuh Rp5 ribu/butir, kelapa kukur Rp6 ribu/butir, kelapa peras (santan) Rp7 ribu/butir. (AS) 

-->