08 September 2024
Daerah

Meugang Akbar Ramadhan 2023, Pj Bupati Serahkan Sapi Untuk Fakir di Pidie

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Penjabat Bupati Pidie, Ir H. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., secara simbolis menyerahkan bantuan sapi Meugang Akbar Ramadhan 1444 H/2023 M, kepada para camat, yang diwakili oleh Camat Geumpang, Mane dan Camat Tangse. Penyerahan sapi ini berlangsung di Masjid Al-falah Sigli, Senin (20/03/2023).

Pada kegiatan tersebut, Pj Bupati, Ir H. Wahyudi Adisiswanto didampingi oleh Sekda, H. Idhami, S.Sos., M.Si., Ketua MPU Pidie, Tgk H. Ismi A. Jalil, Ass I, Drs. Samsul Azhar,  Ass II, Ir H. Tarmizi, M.T., Ass III, Drs Sayuti., M.M., dan Ketua Panpel, drh H. Fazli, M.Si.

Juga tampak hadir Pemimpin Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Sigli, H. Tarmizi, S.T., M.T.,  bersama sejumlah Kepala SKPK, Kabag Prokopim, Plt Kabag Umum, serta para Camat dalam Kabupaten Pidie.

Pada penyerahan bantuan sapi secara simbolis, diwakili oleh Camat Geumpang, Mane dan Tangse, Pj Bupati berpesan agar amanah berupa sapi untuk daging meugang tersebut sampai kepada yang berhak.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada para dermawan yang telah menyumbangkan sapi melalui panitia pelaksana Meugang Akbar Ramadhan 1444 H/2023 M.

Dimana daging sapi sumbangan dari para dermawan ini nantinya akan dibagikan kepada fakir di 23 kecamatan dalam Kabupaten Pidie, melalui camat masing-masing. 

Kegiatan Meugang Akbar Ramadhan 1444 H/2023 M, sebut Pj Bupati, juga merupakan rangkaian dari empat agenda Gerakan Pagar Bambu Putih, dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H/2023 M.

Adapun empat agenda ini, yaitu Silaturahmi bersama para Keuchik dan HUDA, kegiatan Pasar Kontrol, Meugang Akbar dan Musabaqah Tunas Ramadhan (MTR), ungkap Pj Bupati, 

Sebelumnya, Ketua Panitia Meugang Akbar Ramadhan 1444 H/2023 M, drh H. Fazli, dalam laporannya menyampaikan, sampai hari sebelum Meugang sudah terkumpul 27 ekor sapi dari 100 ekor target. 

27 ekor sapi tersebut merupakan sumbangan para dermawan (perorangan) maupun dari Instansi Pemkab/Swasta dan BUMD melalui panitia.

Dari 27 ekor sapi, 11 ekor akan diberikan untuk 11 kecamatan dalam bentuk sapi utuh, sedangkan 16 ekor lagi akan disembelih oleh panitia dan dagingnya disalurkan kepada fakir melalui 12 kecamatan, dimana masing- masing kecamatan akan mendapatkan 72 paket daging, lapor drh H. Fazli.

Selain bantuan sapi, termasuk dari Pj Bupati, Sekda, para Asisten, Kepala SKPK, Pimpinan Parpol, dan dermawan lainnya, panitia juga menerima sumbangan berupa dana, nantinya dana tersebut dipergunakan untuk biaya operasional pelaksanaan Meugang Akbar.

Pada kesempatan itu, kepada Pj Bupati, ketua panitia, drh H. Fazli juga melaporkan, bahwa pihaknya (panitia) masih terbuka bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan sapi pada Meugang Akbar ini.

Usai laporan panitia, dilanjutkan penyerahan sumbangan berupa dua ekor sapi dari BAS Cabang Sigli kepada panitia Meugang Akbar Ramadhan 1444 H/2023 M Pidie, oleh Pimpinan BAS Cabang Sigli, H. Tarmizi, dan secara kehormatan diterima oleh Pj Bupati, yang disaksikan oleh Ketua MPU, Sekda dan seluruh yang berhadir. 

Penyerahan sumbangan sapi oleh Pimpinan BAS Cabang Sigli, salah satu penyumbang kepada panitia Meugang Akbar, juga mewakili Instansi /BUMD / Dermawan (penyumbang). (AS)