21 Mei 2024
Daerah

Mengukur Arah Kiblat untuk Pembangunan Mesjid Jabal Nur Babah Napai

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Teungku H. Abdullah Tanjong Bungong bernama lengkap Tgk. H. Abdullah bin Ibrahim bin Muhammad. Ia adalah seorang ulama ahli Astronomi yang berasal dari Gampong Tanjong Bungong, Ulee Glee, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Tgk. Abdullah mendapatkan amanah untuk mengukur arah kiblat pembagunan Mesjid Jabal Nur Babah Napai, Gampong Buket dan Bale Mee Kemukiman Tgk Chik Umar, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen, Senin (21/2/2022).

Ketua Umum Perencanaan Pembangunan Mesjid Jabal Nur Babah Napai, Muktaruddin, S.H, mengatakan, kedatangan Tgk. H. Abdullah Tanjong Bungong untuk mengukur arah Kiblat Pembangunan Masjid Jabal Nur Babah Napai.

Mengetahui arah kiblat untuk mendirikan Mesjid merupakan kewajiban bersama sebagai bentuk ijtihad yang menjadi salah satu syarat sahnya shalat.

Saat ini warga bahu membahu dengan semangat kebersamaan dan gotong royong melakukan penggalangan dana dari masyarakat untuk mewujudkan cita-cita bersama mendirikan rumah ibadah, kata dia.

Selama ini warga sangat jauh untuk melaksanakan ibadah jumat. Alhamdulillah, jika ini terwujud warga di dua Gampong bisa melaksanakan ibadah di Mesjid ini. Mudah-mudahan harapan ini bisa segera terwujud, ucap Mukhtaruddin.

InshaAllah pada (16/03/2022)          masyarakat dan jamaah akan melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan Mesjid Jabal Nur.

Dalam acara ini turut hadir  
Kasubag TU Iskandar S.Hi, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen, Drs H. Zulkifli Idris, M.Pd  
Muspika Kuta Blang dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Kuta Blang.

Pewarta: Adi Saleum