21 Oktober 2021
logo
Opini

Memperkuat Kontrol Sosial Melalui Media Massa

Oleh: Abdan Syakura -Mahasiswa Sosiologi Agama FUF UIN Ar-Raniry

OPINI - Munculnya media massa membuat masyarakat semakin instan dalam mengkonsumsi berita, tentunya dengan adanya media massa ini, membuat masyarakat tidak susah lagi untuk mengetahui berbagai problematika yang terjadi dalam masyarakat maupun Negara. Ditambah lagi dengan hadirnya berbagai macam web berita yang muncul diinternet sangat mudah lagi bukan karena sudah sangat instan untuk membukannya bagi yang memakai Handphone android. Dalam Konteks ini, apabila masyarakat yang tidak update dengan problem yang sudah terjadi tentu sangat merugikan karena sudah muncul diberbagai media.

Kendati demikian, masyarakat harus bijak dalam menganalisa berbagai problem maupun isu yang terjadi dalam masyarakat, jangan sampai termakan dengan berbagai isu-isu hoaks yang muncul pada media yang tidak resmi. Karena sekarang banyak masyarakat yang termakan dengan isu hoaks yang muncul dimedia dengan tidak mencantumkan sumber referensinnya. Dalam hal ini, penulis mengajak seluruh masyarakat agar bijak dalam menggunakan media dengan mengatahui sumbernya muncul dari mana.

Ironisnya saat ini, penulis melihat masih banyak masyarakat yang seolah-olah tidak ingin mengatahui problematika yang terjadi, dengan tidak menghiraukan ataupun mengkonsumsi media massa, dengan hal seperti inilah membuat masyarakat ketinggalan berbagai infromasi yang muncul, baik itu berupa pemeritahan, pekerjaan, maupun berbagai hal lainnya yang tertera melalui media massa. Sikap seperti inilah yang membuat masyarakat kehilangan inisiatifnya dalam melihat jendela masyarakat diluar sana.

Sungguh sangat beruntung tentunya bagi mereka yang sering mengkonsumsi media massa karena pola pikir tiap hari terupdate dengan munculnya media. Patut dicermati bahwasanya media massa merupakan jendela untuk melihat berbagai persoalan, berbeda dengan buku ia yang hanya memfokuksan kepada jendela keilmuan. Penulis juga melihat dengan munculnya berbagai media berita sudah tidak susah lagi untuk mengakses berbagai informasi asalkan media tersebut resmi serta independen.

Justru dalam konteks ini, membuat para pengguna media semakin jeli dalam mengontrol berbagai problem sosial yang muncul dalam masyarakat. Sangking jelinya, masyarakat terkadang dapat menganalisa sendiri fakta yang terjadi dengan tidak dapat lagi dibodohi oleh siapapun. Karena dengan kehadiran media mass aini membuat masyarakat semakin pandai dalam melihat berbagai fakta sosial. Namun patut dipilah-pilah juga dalam mengkonsumsi infonya jangan sampai salah dalam memahaminya.

Penulis juga melihat dengan kondisi sekarang masyarakat sudah banyak update akan informasi-informasi yang terjadi contohnya seperti ekonomi, Pendidikan serta dunia perpolitikan saat ini yang terjadi di Indonesia. Dengan munculnya media massa tentunya sudah pasti mengetahui jika mengkonsumsinya. Dalam narasi ini penulis mengajak seluruh elemen masyarakat agar jangan pernah jemu dalam mengkonsumsi media massa supaya tidak ketinggalan akan problem sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Terlebih lagi bagi kaum mahasiswa agar tidak pernah bosan dalam mengontrol berbagai aspek sosial yang terjadi dalam dunia Pendidikan dan dunia permasyarakatan supaya peka akan kewajibannya yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, jangan hanya melihat saja problem-problem yang terjadi dengan tidak menuntaskan. Jika kalangan mahasiswa tidak peka akan problem yang terjadi di masyarakat siapa lagi yang akan membantu masyarakat untuk menuntaskan. Sering-seringlah berbagai kalangan mengkonsumsi media massa jangan hanya mendengarkan saja isu yang dilontarkan oleh orang lain agar lebih bijak.

Terlebih lagi saat ini, sangat banyak muncul berbagai problem di masyarakat dengan berbagai kronologisnya di media massa. Penulis berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak pernah bosan dalam mengkonsumsi media baik melalui internet maupun media massa agar kita dapat sama-sama dalam menganalisa berbagai kejadian yang terjadi dalam masyarakat dan sama-sama mencari solusi agar sudi kiranya masyarakat dapat melahirkan sudut pandang yang berbeda dalam menuntaskan dan menanggapi berbagai masalah sosial.

Terutama sekali yang harus kita kedepankan adalah solidaritas kita bersama dalam menguatkan kontrol sosial setelah mengkonsumsi media masa serta peka akan problem yang muncul dalam masyarakat sosial dan semoga saja kita dapat terhindar dengan isu hoaks yang muncul dalam masyarakat dengan tidak mengetahui akan sumber masalah itu didapatkan.

Patut diapresiasi bagi masyarakat yang selalu mengedapankan kontrol sosialnya dalam bernegara dan bermasyarakat, sehingga tercapainya berbagai keinginannya sendiri setelah menuntaskan berbagai persoalan yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini pula, penulis mengajak seluruh masyarakat agar memperkuat hubungan hablumminannas supaya tercapainya keharmonisan dalam bermasyarakat.

logologo
logologo