Melihat Pelayanan Publik Dalam Sudut Pandang Aksiologi
Seperti yang kita ketahui bahwasannya pelayanan publik sangat- sangat diperlukan bagi masyarakat dalam tingkat menjalankan pelayanan pemerintahan yang baik dan teratur . Dimana pelayanan publik adalah suatu aspek yang terpenting dalam ruang lingkup pemerintahan. Dimana seperti yang kita ketahui pengertian dari pelayanan public adalah semua ataupun segala bentuk jasa pelayanan, baik itu dalam bentuk barang ataupun jasa publik yang pada hakikat nya yang menjadi tanggung jawab pemerintah dan lembaga institusi pemerintah lainnya, di berbagai sektor wilayah, baik itu di tingkat pusat , daerah maupun tingkat desa sekalipun .
Pelayanan publik bisa juga disebut sebagai pelayanan umum , Kita bisa membedakan pelayanan publik menjadi 2 melalui ruang lingkup organisasi yang menyelenggarakan nya yaitu , yang pertama sekali yaitu, pelayanan publik yang diselenggarakan di bidang organisasi yang bersifat privat/ khusus , yaitu semua penyediaan tingkat jasa, dan bidang yang di pimpin oleh pihak swasta seperti, perguruan tinggi tingkat swasta , Rumah sakit tingkat swasta , dan lain sebagai nya yang menyangkut objek di tingkat swasta .
Setelah itu dalam bidang pelayanan publik yang diselenggarakan oleh organisasi yang tidak bersifat privat / khusus tetapi organisasi yang bersifat umum dan luas terdiri dari dua macam yaitu ,yang pertama sekali dalam segi bentuk primer , dimana semua penyedia barang / jasa yang dibuat oleh pemerintah yang di dalam nya pemerintah sangat berperan penting dimana tidak ada campur tangan orang lain , dan mau tidak mau pengguna pelayanan publik bagus memanfaatkan nya . contohnya saja dalam segi pelayanan di sebuah kantor imigrasi dan dalam bidang pelayanan perizinan dll.
Yang kedua dalam segi bentuk sekunder , dimana segala peyediaan barang / jasa yang dibuat oleh institusi pemerintah , tetapi para pengguna pelayanan publik juga tidak diharuskan menggunakannya, dikarenakan adanya beberapa orang yang menyelenggarakan pelayanan tersebut. Adapun Karakteristik - karakteristik dari segi pelayanan publik yaitu, adanya Adaptabilitas layanan yang merujuk kepada perubahan layanan yang diminta oleh pengguna pelayanan publik itu sendiri yang selanjutnya adanya posisi tawar , dimana saling berinteraksi satu sama lain antara penyelenggara pelayanan dengan pengguna pelayanan demi menciptakan tawar menawar pelayanan yang baik.
Yang selanjutnya adalah tipe pasar , dimana disini mendeskripsikan beberapa penyelenggara pelayanan yang saling terikat satu sama lain dan saling berkesinambungan dengan pengguna pelayanan publik itu sendiri . selanjutnya juga ada yang namaya lokus control dimana mendeskripsikan tentang siapa yang memegang control tersebut . apakah si pengguna atau penyelenggaraan pelayanan tersebut .
Adapun seperti yang kita ketahui Aksiologi merupakan cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmu nya . Tujuan yang ingin dicapai oleh Aksiologi adalah hakikat dan manfaat yang terdapat dalam sebuah pengetahuan. Aksiologi Juga berasal dari bahasa Yunani yaitu Axion( Nilai ) , dan Logos ( Teori) tentang sebuah nilai. Jadi keterkaitannya dengan pelayanan publik yaitu bagaimana manfaat dari pelayanan publik itu sendiri , dimana manfaat pelayanan publik sangat memperhatikan para pengguna pelayanan .
Pelayanan publik dalam sudut pandang aksiologi dalam bidang pemerintahan yaitu bagaimana manfaat dari pelayanan publik tersebut dan juga memperhatikan para pengguna layanan publik itu . dimana kita sekarang banyak melihat bagaimana pelayanan publik yang tidak baik dan tepat dalam bentuk pelayanan nya , maka dari itu sangat perlu kita mengetahui apa sebenarnya manfaat dari pelayanan publik tersebut supaya tidak ada lagi pelayanan publik yang tidak tepat dan tidak teratur dan disiplin.