15 Juni 2024
Polri
Harmoni Terwujud:

Mantap, Kapolsek Trienggadeng Berhasil Satukan Kembali Keluarga Lewat Mediasi

Foto : Kapolsek Trienggadeng Muhammad Harun menyampaikan pesan-pesan kepada para pihak dalam mediasi | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Polsek Trienggadeng sukses melakukan mediasi dalam penyelesaian permasalahan konflik keluarga yang terjadi di Gampong Mesjid Peuduek Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya, Minggu (24/3) dini hari.

Mediasi ini dilakukan di ruang pertemuan Polsek Trienggadeng dipimpin langsung Kapolsek Trienggadeng Ipda Muhammad Harun, bersama dengan tim aparatur Gampong Mesjid Peuduek, mulai pukul 22.00 WIB hari Sabtu (23/3/2024).

Konflik yang terjadi antara Sdra SM (71) dengan putranya Sdra MZ (52) yang berdomisili satu dalam satuan gampong/desa telah mengganggu kedamaian keluarga.

Dalam pengakuan kedua pihak, pernah mencapai titik terpanas sehingga terlibat dalam sebuah perkelahian. Namun, berkat upaya mediasi yang dilakukan di kantor Polsek setempat, perdamaian akhirnya tercapai.

Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, terciptalah suasana yang dipenuhi oleh nilai-nilai kekeluargaan dan hukum lokal. Sehingga kedua belah pihak sepakat untuk mencapai kesepakatan.

Sdra MZ dengan tulus meminta maaf kepada ayahnya di hadapan perangkat gampong/ desa, dan Sdra SM memberikan pengampunan kepada anak kandungnya.

Kapolres Pidie Jaya, AKBP Dodon Priyambodo, melalui Kapolsek Trienggadeng, menegaskan bahwa mediasi ini memiliki tujuan yang mulia, yaitu menjaga harmoni dan perdamaian di masyarakat.

Upaya tersebut selaras dengan prinsip-prinsip yang tercantum dalam qanun Pidie Jaya dan juga Qanun Aceh.

Perdamaian yang diwujudkan pada pukul 00.30 WIB bukan hanya mengakhiri konflik keluarga, tetapi juga menandai kesatuan komunitas dalam mengatasi tantangan internal. 

Keberhasilan mediasi ini menjadi contoh bagi masyarakat untuk menyelesaikan perbedaan dengan cara yang damai dan bermartabat. (*)