25 April 2024
Daerah

Menghormati Meninggalnya Ulama, LSM Minta Konser Musik Di Banda Aceh Dibatalkan

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Informasi mencuat di media sosial terkait penyelenggaran konser Wali Band dalam rangka HUT TNI 77 pada 05 Oktober 2022 di Banda Aceh menuai sorotan.

Lewat rilis yang diterima media ini, Sabtu, 01/10/2022, Direktur Eksekutif LSM Labang Bangsa, Hery Tanjong berharap ada kebijakan dari penyelenggara kegiatan. 

" Kami sangat mengharapkan kebijakan penyelenggara dan Group Band WALI berbesar hati untuk membatalkan kegiatan tersebut, dan bisa menggantikannya dengan acara lain yang lebih bersahabat dengan adat istiadat dan kearifan lokal Aceh" ujarnya

Belum lagi kita semua sedang dalam suasana duka cita mendalam, Abu Tu Sesepuh dan Ulama Besar Aceh baru saja hitungan hari berpulang ke rahmatullah, tentu ini menjadi pertimbangan yang sangat fundamental bagi kita semua untuk tidak melanjutkan hajatan tersebut,. 

"Peuwareeh Nabi galom meu nujoeh pih geupeulikoet geutanjoe, Mantong seusak dada teuh lampu doenja ka Allah peu redup.

Harapan kami dan kita semua Sudah saatnya  institusi, Pemerintah, lembaga negara,  bersinergi dengan seluruh stake holder termasuk MPU dan Jajaran Dayah, agar suasana Damai Aceh tetap terajut dalam keberkahan Allah.

" Ada banyak hal dapat dilakukan untuk mengisi syukuran HUT selain dengan thema konser musik. Kami yakin dan percaya bahwa aspirasi masyarakat Aceh ini akan sangat bijakasana di tanggapi oleh para pihak, agar kecolongan seperti "festival Rapai di pelataran MRB beberapa waktu lalu" tidak pernah terulang lagi" tandas Heri

Tidak serta merta hukum dan UU yang mengikat sehingga setiap kegiatan itu legal atau ilegal dari Aspek bernegera, namun norma dan kepatutan adat dan reusam sejatinya perlu dilestarikan. (alman)