17 September 2024
News

Lagi, Jamaah Haji Asal Pidie Jaya Meninggal Dunia

Foto : Dok. Google Images | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Kelompok Terbang (Kloter) 01 BTJ Embarkasi Aceh melaporkan jamaah haji atas nama Abdul Manaf Bin Dahlan Abubakar berasal dari Kabupaten Pidie Jaya, meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (10/7) pukul 7.30 WAS.

Kepala Kemenag Pidie Jaya, H Ahmad Yani, S.Pd.I membenarkan kabar tersebut yang mendapatkan informasi yang disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh.

Almarhum Abdul Manaf yang beralamat di Gampong Buangan Kecamatan Meurah Dua meninggal dengan didiagnosa gagal ginjal akut atau AKI-acute kidney injury. 

"Selama berada di tanah suci beliau memang sudah sakit-sakitan sehingga harus bolak-balik masuk KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia)," terangnya meneruskan informasi dari PPIH Embarkasi Aceh.

Berdaskan database Kamenang Pidie Jaya, jamaah tersebut merupakan pemegang paspor C6671246 dan tergabung dalam kloter satu. 

Abdul Manaf meninggal dunia pada sekitar pukul 07.30 Waktu Arab Saudi (WAS) di Rumah Sakit Al Noor, Mekkah.

"Almarhum Insya Allah akan dimakamkan di Sharaya. Petugas kloter bersama pihak maktab sedang dalam proses pengurusan jenazah. "sampaikan Ahmad Yani

Dengan meninggalnya Abdul Manaf, berarti hingga saat ini sudah dua jamaah asal Tanah Rencong yang meninggal dunia di Arab Saudi. Sebelumnya, jamaah yang meninggal dunia juga berasal dari Pidie Jaya yakni Muslim bin Abdul Wahab Salam yang tergabung dalam kloter satu. 

Muslim wafat di dalam pesawat menjelang landing di bandar udara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) pada 15 Juni 2022 sekitar 04.37 WAS. (**)