20 April 2024
Sumut

Kepala SD Negeri 064960 Terkesan Menghindari Wartawan, Ada Apa?

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Tugas jurnalis merupakan pilar ke empat dalam menjalankan tugasnya, terhadap pemerintahan NKRI sebagai penyalur sarana informasi publik bagi seluruh masyarakat indonesia, serta kegiatannya pun dilindungi dengan undang-undang No 40 tahun 1999.

Ketika melakukan tugas liputan, sosial kontrol untuk menghasilkan sebuah pemberitaan yang berimbang awak media wajib melakukan konfirmasi narasumber. Namun ketika awak media konfirmasi terkait Anggaran Dana BOS tahun ajaran 2020-2021 di SDN 064960 Medan, Jalan karya bakti II  No.71, Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia terkesan dihalang-halangi. 

Awak media mendatangi sekolah untuk mengklarifikasi dugaan pungli di lingkungan SD Negeri 064960, namun sangat disayangkan kepala sekolah Dra Megawati, Msi selalu menghindar dan susah ditemuinya. Begitupun dengan Yeni fitria  selaku operator sekolah SDN 064960 yang juga anak kandung dari kepala sekolah terkesan menghalang-halangi tugas jurnalis. 

Yeni selalu mengatakan Kepala Sekolah tidak ada di tempat. Sudah tiga kali awak media  mendatangi sekolah tersebut untuk bertemu dengan kepala Sekolah SD Negeri 064960,  namun Yeni selalu mengatakan tidak ada.

Bahkan Yeni operator sekolah SD Negeri 064960 tersebut mengatakan  bahwa media dan LSM tidak punya hak untuk bertanya ke sekolah, kalau mau tau data langsung ke dinas karena semua data ada di dinas pendidikan, ujarnya. 

"Kalau mau tau data mengenai dana BOS Sekolah ini langsung saja ke dinas pendidikan karena semua data itu ada di dinas, yang berhak tau itu bukan bukan media dan LSM, katanya,. Akan tetapi yang berhak tau adalah Inspektorat, kadis pendidikan, dan BPK bukan wartawan, ujarnya lagi, sudah saya tidak mau menjawab apapun lagi saya kunci mulut saya," Pungkasnya mengakhiri keterangan, Rabu (30/08)

Dra Megawati  Kepala SD Negeri 064960 tidak mau menemui wartawan, kejadian ini bukan yang pertama kali, namun setiap rekan media  yang akan konfirmasi terkait kegiatan pekerjaan yang ada di dalam lingkungan sekolah tersebut. selalu menghindar, Ada Apa....? (AD)