08 September 2024
Daerah

Kapolda Aceh di Pidie Tinjau Kesiapan Pemilu

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Penjabat Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., bersama Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf. Abd, Jamal Husin, M.Han., Kapolres, AKBP Imam Asfali. S.I.K., M.H., serta Sekda, Drs. Samsul Azhar, menyambut Kunjungan Kerja (Kunker) Kapolda Aceh, Irjen Pol. Drs. Achmad Kartiko, S.I.K., M.H., di Pidie.

Kunker Kapolda Aceh beserta rombongan tersebut dalam rangka melihat langsung kesiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Pidie, serta meninjau beberapa tempat pendukung penyelenggaraan Pemilu, Selasa (13/02/2024).

Adapun tempat yang ditinjau oleh Kapolda beserta rombongan, yaitu Sekretariat DESK Pemilu 2024 di Kantor Badan Kesbangpol, Kantor Camat Kecamatan Kota Sigli, dan ke TPS di Gampong Benteng, Kecamatan Kota Sigli.

Dalam tinjauan ini, Kapolda Aceh didampingi oleh Pj Bupati Pidie, Dandim 0102/Pidie, Kapolres Pidie, para Staf Ahli, para Asisten, Plt. Kaban Kesbangpol, Wahidin, S.STP., M.Si., Kabag Prokopim Setdakab Pidie, Teuku Iqbal, S.STP., M.Si., para PJU Polres, unsur KIP, dan Panwas.

Pada kesempatan tersebut Kapolda menyampaikan, koordinasi antar instansi terkait PAM TPS dan Humanitas dalam melaksanakan tugas sangat dibutuhkan guna mendukung lancarnya pelaksanaan Pemilu 2024.

Irjen Pol Achmad Kartiko juga merasa optimis bahwa kepercayaan yang diamanatkan kepada Polri, dalam tahapan Pemilu 2024 mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pada kesempatan itu Beliau juga menyampaikan agar seluruh yang terlibat untuk menghindari segala tindakan dan prilaku yang kontra produktif yang dapat mengganggu jalannya Pemilu sehingga dapat mencederai nilai nilai demokrasi.

Saat kunjungan ke Sekretariat Tim Desk, dihadapan Kapolda beserta rombongan, Petugas Tim Desk memaparkan tentang pengoperasian aplikasi yang akan memuat data-data tentang hasil Pemilu di Pidie. 

Data-data ini berdasarkan pada jumlah kontestan peserta Pemilu 2024, baik calon Presiden/wakil Presiden, calon anggota DPD, calon DPR RI, DPRA, DPRK, jumlah Partai, jumlah Caleg atau Daftar Calon Tetap (DCT) di setiap Dapil, jumlah pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), maupun TPS. 

Semua data dasar tersebut sudah termaktub dalam database aplikasi pada Tim Desk Pemilu 2024 Kabupaten Pidie. Aplikasi juga akan memuat tentang laporan situasi dan kondisi kekinian di setiap wilayah kecamatan atau di lapangan, terutama tentang situasi Kamtibmas. 

Dengan hal itu dapat ditindaklanjuti dan dicarikan solusinya oleh para pihak. Dan Tim Desk Pemilu akan dapat memantau hasil Pemilu secara online, baik hasil pemungutan suara untuk pemilihan Presiden/wakil Presiden maupun pemilihan anggota Legislatif. Selain itu, dapat menerima berbagai laporan dari kecamatan terkait Pemilu 2024 di Pidie.(As)