02 Oktober 2022
Gampong

Jelang Bulan Suci Ramadhan, Warga Gotroy Bersama

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Ratusan warga Gampong Teungkluet, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya melaksanakan gotong royong bersama membersihkan meunasah dan masjid serta perkarangannya. Selain itu, warga juga membersihkan tempat perkuburan umum,  Minggu, (27/3/2022).

Dipimpin langsung oleh Keuchik Gampong setempat, Salahuddin, kegiatan gotong royong yang sudah menjadi tradisi turun temurun menjelang bulan Suci Ramadhan dan juga setiap peringatan hari besar Islam lainnya. 

Mendampingi Keuchik, T. Khadavi Vona, Sekdes setempat menyebutkan, kegiatan gotong-royong merupakan tanggung jawab bersama. Apalagi menjelang bulan suci Ramadan 1443 H yang tinggal menghitung hari. Masjid dan meunasah merupakan tempat yang paling banyak dan sering didatangi masyarakat untuk beribadah wajib serta ibadah sunat lainnya.

"Alhamdulillah, selain ada kebersamaan dengan gotong royong juga dapat mempererat tali silaturahim dan sebagai momen pertemuan seluruh warga untuk saling menjaga kekompakan, sehingga dalam pelaksanaan ibadah puasa berjalan dengan tenang, nyaman dan penuh kedamaian." sampaikan Khadavi

Tambahkan ia, sejumlah kegiatan yang telah dipersiapkan selama bulan suci Ramadan ini, terdiri dari shalat tarawih, tadarus, dalail dan kegiatan ibadah lainnya. Setiap sore menjalang buka puasa, di meunasah kami juga tersedia bubur kanji untuk warga. "Ini juga tradisi tahunan dalam bulan Ramadhan di Gampong kami", akui Khadavi mengakhiri.

Perlu diketahui, Tradisi gotong royong bersama membersihkan rumah ibadah menjelang bulan suci Ramadhan juga dilakukan di semua Gampong/Desa dalam kabupaten Pidie Jaya. Begitu juga dengan tersedianya "Bubur Kanji" secara gratis menjelang waktu buka puasa dilakukan hampir semua rumah Ibadah. (FAN)