17 September 2024
Pemilu 2024
Rekrutmen Pengawas TPS di Pidie Jaya

Hari Ini Ditutup. Pendaftar di Sejumlah Gampong Masih Kosong, Anda Berminat Segera Daftar

Foto : Istimewa (Doc. Panwaslih Pidie Jaya) | LIPUTAN GAMPONG NEWS

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID - Pendaftaran Pengawas TPS di Kabupaten Pidie Jaya akan ditutup hari ini, Sabtu (6/1/2024). Meski demikian, hingga Jumat (5/1/2024) sore, pendaftar yang masuk belum semuanya terisi (masih kosong) di seluruh desa/gampong.

Calon Pengawas TPS yang dibutuhkan di 8 Kecamatan sesuai jumlah TPS yakni 484 orang. Dalam proses perekrutan, jumlah pendaftar di setiap TPS minimal harus melebihi kouta agar bisa diseleksi. Namun secara keseluruhan jumlah pendaftar PTPS baru mencapai 502 orang.

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) atau Bawaslu Kabupaten Pidie Jaya, Fajri M. Kasem mengungkapkan, hasil pantauan ke semua kantor Panwas Kecamatan (Panwascam), kami melihat jumlah pendaftar yang sudah berhasil dihimpun oleh panitia rekrutmen tiap kecamatan masih minim. Kuota yang dibutuhkan belum semua penuh.

“Bahkan ada sebagian gampong/desa jumlah peminatnya melebihi dari jumlah kebutuhan, ada juga belum mencapai kebutuhan bahkan ada gampong yang masih kosong peminat,”  ujarnya Jumat (5/1/2024).

Fajri mengungkapkan tak mengetahui apa yang menjadi latar belakang dari minimnya peminat PTPS, padahal upaya publikasi selama ini sudah dilakukan jauh-jauh hari, baik melalui media berita online, media sosial resmi Panwaslih Pidie Jaya dan semua Panwascam bahkan melalui spanduk yang dipasangkan di setiap gampong.

Melihat kurangnya peminat disejumlah gampong, Fajri yang juga Kordiv SDM Organinasi, Pendidikan dan Pelatihan, menyebutkan jika sampai hari terakhir masa pendaftaran belum juga memenuhi kuota kebutuhan, kemungkinan akan ada perpanjangan masa pendaftaran yang akan dilakukan Panwaslih Pidie Jaya.

Hal itu dilakukan untuk memenuhi jumlah pendaftar sesuai kebutuhan yang ada. "Sepertinya nanti akan ada perpanjangan masa pendafataran supaya kita bisa memenuhi PTPS sesuai kebutuhan," terangnya.

“Perpanjangan pendaftaran dilakukan hanya khusus gampong-gampong yang belum memenuhi kuota. Sesuai ketentuan, tidak semua gampong hanya khusus gampong-gampong tertentu," timpal Teuku Dian, Koordinator Seketariat (Korsek) Panwaslih Pidie Jaya yang ikut mendampingi ketua.

Tambahkan Korsek, Proses rekrutmen calon pengawas TPS itu masih berlangsung hingga sore hari ini, Sabtu (6/1/2024). Itu artinya masih ada watu seharian lagi. Bagi yang berminat ayo segera lengkapi syarat dan segera mendaftar ke kantor Panwascam masing-masing kecamatan.

Jika sudah lulus menjadi PTP... Lantas, berapa besaran honor atau gaji pengawas TPS Pemilu 2024 dan apa saja tugasnya?Adapun besaran honor atau gaji Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilu 2024 berkisar Rp1 juta.

Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah petugas yang ditugaskan untuk mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada saat pemilihan umum. Pengawas TPS mempunyai peranan sangat penting untuk memastikan rangkaian Pemilu berjalan jujur, adil, dan transparan.

Tugas utama pengawas TPS 2024
Pengawas TPS mempunyai tugas utama yang telah diatur dalam Pasal 66 Peraturan Bawaslu Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilihan Umum. 
Berikut tugas Pengawas TPS.
1. Pengawasan persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke Panitia Pemungutan Suara (PPS)
2. Pencegahan dugaan pelanggaran Pemilu dan Pemilihan.
3. Penerimaan laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu dan Pemilihan
4. Penyampaian laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu dan Pemilihan kepada Panwaslu Kecamatan (Panwascam) melalui Panwaslu Gampong. (**)