28 Februari 2024
Daerah

Forum Komunikasi Pemuda Gandapura Gelar MTQ di Mesjid Besar Taqwa

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID- Forum Komunikasi Pemuda Gandapura menggelar MTQ antar Gampong di Mesjid Besar Taqwa Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen pada Selasa 19 April 2022.

MTQ yang digelar dengan mengusung tema "melalui momentum Nuzulul Qur'an" Kegiatan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 13 sd 18 April 2022.

Nazaruddin S.Pd.I Ketua panitia mengatakan, kegiatan ini melibatkan semua unsur kepemudaan yang ada di Kecamatan Gandapura diantaranya KNPI, Karang Taruna, ISRA, IPQAH, LPTQ serta di dukung oleh Assosiasi Pedagang Gandapura (ASPIGA), Remaja mesjid dan Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) .

Dalam acara tersebut 5 Cabang yang diperlombakan , cabang tilawatil Qur'an , Tahfidhzul Qur'an , lomba Azan , Pidato Bahasa Indonesia dan Khattil Qur'an .

Para peserta merupakan utusan dari setiap desa yang ada di kecamatan Gandapura. Tujuan dari acara ini untuk meningkatkan nilai islami, meningkatkan kecerdasan generasi muda dalam hal agama Islam , dan membina generasi muda dengan kegiatan yang beruansa islami serta menampilkan kemampuan yang mereka miliki.

Adapun nama nama pemenang MTQ Antar Gampong di Kecamatan Gandapura berdasarkan Cabang yang diperlombakan diantaranya :

Cabang Hifdzil Qur'an 1 Juz dan tilawah
-Juara 1, Zul Fadhlan ( CotTunong ), Juara 2, Mudhaffar ( Cot Mane )
Juara 3, Radiva Izzah ( Cot Tufah )

Cabang Tilawah Remaja
Juara 1, Rijalul Faizul Ichsan ( Blang Keude ) Juara 2, Muhammad Rizki ( Cot Tunong ) Juara 3, Al - Hafas ( Cot Mane )

Cabang Azan
Juara 1, Ahmed AZ - Zawi ( Blang Keude ) Juara 2 ,Adam Mujaza ( Cot Tufah ) Juara 3, Sadly Adhitya ( Geurugok )

Cabang Khattil Qur'an tulisan buku / penulisan nafkah .
Juara 1, Fikra Adila ( Samuti Krueng )
Juara 2 , Cut Futroh Arfiah ( Lapang Barat ) Juara 3 , Ulya Rahmah ( Cot Jabet ) .

Cabang Pidato Bahasa Indonesia
Kategori Putri
Juara 1, Dara Arini ( Keude Lapang ) ,Juara 2 Sasnita Ulfa ( Cot Teube ) , Juara 3 Lia Fitria ( Pante Sikumbong ) .

Kategori Pria
Juara 1 Afzal ( Cot Tunong ) , Juara 2 Zahlul Azmi ( Cot Puuk ) , Juara 3 Shahibul Bayan ( Lapang Barat ) .

Camat gandapura Azmi S.Ag mengapresiasi acara MTQ ini, sehingga mampu meningkatkan silaturrahmi dan kekompakan bersama para generasi muda khususnya kepemudaan yang ada di wilayah Kecamatan Gandapura .

Dia juga mengucapkan selamat kepada pemenang lomba, selamat atas kemenangannya dan berterima kasih kepada para panitia yang sudah bekerja maksimal agar acara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar, tuturnya .

Sementara H.Mukhlis Takabeya menyambut baik kegiatan tersebut dan mensupport kegiatan positif yang di laksanakan para generasi muda Islami. Selain itu dia juga mengucapkan selamat kepada pemenang dan bagi yang belum menang jangan putus asa, teruslah belajar untuk menggapai sebuah cita-cita mulia.

Tampak hadir pada kegiatan MTQ tersebut diantaranya anggota DPRK Bireuen Ir. M.Yusuf Adam, Camat gandapura , para ketua organisasi lintas Kecamatan, H.Mukhlis Amd, SH, tokoh masyarakat Gandapura, dan tamu undangan lain nya serta para peserta .

Pewarta : Adi Saleum