29 Maret 2024
Daerah

DLH Pidie Sosialisasi Tata Cara Pengelolaan Sampah Kepada Keuchik Se-Kota Sigli

LIPUTANGAMPONGNEWS.ID -  - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie, Provinsi Aceh, melakukan sosialisasi tatacara pengelolaan sampah yang baik dan benar serta berwawasan lingkungan kepada gampong -gampong dalam Kecamatan Kota Sigli, Rabu (09/03/2022). 

Dalam kesempatan itu, sejumlah Keuchik juga melakukan diskusi dengan Pihak DLH, terkait dengan Sapras persampahan yang belum tersedia di gampong mereka.

"Pada acara memperingati  HPSN kali ini, yang mengambil tempat di TPS Jalan lingkar Lampeudeu Baroh, turut dihadiri oleh Gerakan Pemuda Peduli Sampah (GPS) Kabupaten Pidie. Mereka juga turut memberikan materi Tentang tatacara Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga," terang Kepala DLH Pidie, Firman Maulana, S.STP. MAP. 

Kadis Lingkungan Hidup Pidie juga mengatakan, gampong dapat mengalokasikan anggaran untuk pengadaan Sapras Persampahan melalui APBG setiap tahunnya, dengan terlebih dahulu bermusyawarah dengan Pihak Tuha Peuet Gampong (TPG) dan dibahas dalam rapat penyusunan Rencana Kerja Perangkat Gampong (RKPG).

Untuk diketahui (dari berbagai sumber), HPNS diperingati setiap 21 Februari, dimana Kementerian Lingkungan Hidup mencanangkan tanggal 21 Februari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah Nasional untuk pertama kalinya.

Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari berbagai pihak, untuk mengenang tragedi Leuwigajah, Cimahi, Jabar, pada 21 Februari 2005 silam.

Pada tragedi tersebut, 157 nyawa melayang serta dua desa, Cilimus dan Pojok hilang dari peta, akibat ledakan gas metana dari tumpukan sampah yang menggunung di tempat tersebut. (AS)